Belum Ada Keberatan, KPU Mamteng Siapkan Agenda Pleno Bupati Terpilih

0
899
Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa, bersama empat komisioner lainnya saat pleno penetapan penghtungan suara Pilkada bupati. (ISTIMEWA)
Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa, saat memberikan keterangan. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pleno penetapan penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Mamberamo Tengah sudah digelar KPU Mamberamo Tengah, Jumat (6/7/2018) lalu.

Hasilnya pasangan Calon Bupati Petahana,  Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si dan calon wakil bupati Yonas Kenelak, S.Sos dinyatakan menang  dengan suara 8.845 atau 86, 70 persen mengalahkan kotak kosong dengan 4.426 ato `13, 30 persen.

Paska pleno penetapan penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati, hingga saat ini belum ada keberatan atas hasil pleno yang dibuat KPU Mamberamo Tengah.

“Ya, sudah tiga hari setelah pleno sampai saat ini belum ada keberatan, kami juga belum menerima laporan keberatan dari Panwas,” ujar Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa yang didampingi empat komisioner masing-masing Darusallam Amir, Maleo Yikwa, Oni Wanimbo  dan Natalis Walela di Jayapura, Senin (9/7/2018).

Menurut Steven,  jika tidak ada keberatan lagi, sesuai aturan PKPU  nomor 2 yang mengatur tentang tahapan dan jadwal, maka selanjutnya agendanya adalah menyiapkan pleno penetapan bupati terpilih.

“Kami akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi soal hasil pleno penghitungan suara Pilkada bupati, dan dilanjutkan dengan agenda pleno penetapan bupati terpilih,” katanya.

Steven mengatakan, jika memang nantinya ada keberatan atau gugatan tentang hasil pleno penetapan penghitungan suara Pilkada bupati dan wakil bupati, maka pihaknya siap menghadapi.

Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa saat memimpin pleno perhitungan suara pemilihan bupati yang dihadiri pasangan Calon bupati Ricky Ham Pagawak dan calon wakil bupati Yonas Kenelak. (ISTIMEWA)

Lebih jauh Steven mengatakan, setelah nantinya KPU Mamberamo Tengah melakukan pleno penetapan bupati terpilih, baru akan diusulkan kepada  lembaga DPRD menggelar sidang.

“Tahapan berikutnya adalah dari hasil sidang tersebut, adalah SK pengusulan  pelantikan bupati kepada Kemendagri lewat gubernur,” jelasnya.

Menurutnya, karena ini Pilkada serentak maka harus menunggu beberapa kabupaten, jika kabupaten-kabupaten tersebut tidak ada masalah, tentu pelantikan bupati terpilih akan bersamaan dengan Mamberamo Tengah.

Untuk itu, Steven meminta,  semua masyarakat Mamberamo Tengah untuk tetap tenang mengikuti tahapan yang saat ini tengah dijalankan KPU Mamberamo Tengah. (ej)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here