KEEROM (LINTAS PAPUA) – Ketua Desk Pilkada Keerom yang juga Sekda Keerom, Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, menyayangkan pada pelaksanaan Pilgub tahun 2018 ini angka partisipasi pemilih dari Kab Keerom bisa terbilang cukup rendah.

‘’Dari sebanyak 48.402 pemilih secara keseluruhan ternyata hanya 28.623 pemilih yang menyalurkan hak pilihnya ini kalau dihitung berarti hanya59,2 persen dari total keseluruhan pemilih. Jika ukuran kualitas pemilihan dilihat dari angka partisipasi pemilih maka angka ini perlu ditingkatkan lebih baik lagi,’’ungkapnya menjawab HPP di Kantor Badan Kesbangpol Keerom, belum lama ini.

Dia menambahkan bahwa adalah tanggungjawab semua pihak agar angka partisipasi pemilih di Keerom mengalami peningkatan untuk kegiatan pemilihan umum pada kesempatan selanjutnya. ‘’Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih tentunya tanggungjawab kita semua dan kita harus dukung dan tingkatkan angka partisipasi agar masyarakat kita aktif menyalurkan hak demokrasinya,’’lanjutnya.

Ia juga menilai tahapan akhir pleno KPU yang dilakukan di Halaman Kantor KPU Keerom berjalan normal sesuai mekanisma yang ditentukan. ‘’Memang ada beberapa PPD yang melakukan pembacaan hasil sempat salah baca kareno grogi, namun secara keseluruhan berjalan lancar,’’paparnya lagi.

Ia juga menyebut, bahwa masih rendahnya angka DPT untuk wilayah I atau yang berada di wilayah atas, seperti distrik-distrik baru diakuinya menandakan angka perekaman KTP-el yang ada di wilayah atas masih rendah.

 

‘’Selama ini memang untuk perekaman KTP-el  untuk masyarakat wilayah atas bahwa ada kesulitan yang dialami Dukcapil yaitu saat perekaman banyak masyarakat yang sementara ke kebun. Maka ada cara yang dipakai untuk mengatasi kendala ini salah satunya adalah perekaman dilakukan setelah masyarakat  selesai ibadah minggu, kita harap kedepan ini akan semakin baik sehingga saat Pilpres nanti angka partisiapsi lebih baik dan Pemilu lebih sukses lagi,’’harapnya.(Rif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here