Mahasiswa Scotland  Kunjungi Stadion Papua Bangkit

0
971
Mahasiswa Unversitas Stirling Scotland saat foto bersama Kadisorda Papua di Stadion Papua Bangkit, Selasa, (03/07/2018). (Geis / HPP)
Stadion Papua Bangkit, Stadion yang berada di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion baru ini akan difasilitasi dan dianggap keren karena mengadopsi langgam arsitektur lokal. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Sebelum menyelesaikan tesis atau karyatulis ilmiah, mahasiswa Papua dari Universitas  of  Stirling  Scotland Youke didampingi dosennya  Brian Manikin  mengunjungi Stadion Papua Bangkit, di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (3/7/2018).

 

Para Mahasiswa dan Brian Mendapat penjelasan mengenai pembangunan stadion maupun suskesnya penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional  (PON)  XX  tahun 2020 Papua  dari Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Yusuf YambeYabdi.

 

Terkait hajatan PON di Papua, kata Yusuf, Pemerintah Provinsi  Papua  melalui Dinas Olahraga dan Pemuda sedang mempersipkan infrastruktur untuk mendukung  event  olahraga antar Provinsi di tanah air itu.

 

Dijelaskan, infrastruktur seperti pembangunan stadion Papua Bangkit  yang  akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan  PON,  dan juga akan melakukan renovasi beberapa venue di lima wilayah klaster penyelenggaraan PON di Mimika, Biak, Merauke,  Wamena dan Kabupaten/Kota Jayapura.

 

Yusuf mengatakan,  selain venue yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi  Papua,  Presiden Joko Widodo juga telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 10 tahun 2017  tentang dukungan PON dan Peparnas di Papua.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi ST. MT ., saat memberikan keterangan pers. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

Dimana, melalui Inpres tersebut, Kementerian PUPR akan membangunan lima venue PON dan dijadwalkan bulan depan pembangunan sudah dimulai. “          Proses lelang  sudah selesai, mungkin bulan depan sudah mulai dibangun,” kata Yusuf.

 

Menurut Yusuf,  pemerintah sudah berpikir kedepan bagaimana pengelolaan kawasan olahraga ini paska PON nanti. Dimana, dalam masterplan kawasan kampong harapan tidak hanya stadion saja, tetapi juga ada kawasan bisnis dan itu sudah masuk dalam perencanaan pembangunan kedepan.

 

Oleh karena itu, dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan pejabat eselon III dan membentuk BLUD (badan layanan umum daerah)  dengan tujuan mereka bisa menyusun  konsep bisnis dari pengeloaan kawasan ini. Dengan begitu kawasan ini bisa tetap hidup kedepan.

 

Sementara itu, Brian Manikin yang ditemui disela-sela kunjungan ke stadion Papua Bangkit, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Papua yang  membangun stadion dengan fasilitas yang  lengkap seperti stadion di luar negeri.

Stadion Papua Bangkit dalam proses pembangunan di Kampung Harapan. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)

Namun, kata Brian tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah adalah bagaimana mengelola kawasan olahraga ini supaya tetap hidup kedepan.

 

“Perlu SumberDaya Manusia (SDM)  yang  professional dalam mengelola stadion ini,” kata Brian.  (Geis Muguri  / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here