Pemkab Keerom Giat Bangun  Sektor Pariwisata

0
801
Pemerintah dan Masyaraat saat Jalan Santai HUT Keerom beberapa waktu lalu. (Arif /HPP)

KEEROM (LINTAS  PAPUA) — Dalam rangka meningkatkan sector pariwisata, Pemkab Keerom melalui Dinas Pariwisata Kab Keerom melalukan beberapa upaya salah satunya dengan merencanakan untuk menjadikan beberapa daerah wisata salah satunya adalah Kampung Yowong.

‘’Pemkab Keerom akan terus mengenjot pariwisata agar bisa bersiang dengan daerah lain,”kata Asisten III Setda Keerom, Winoto mewakili Bupati Keerom, dalam Seminar RIPPDA (Rencana induk pengembangan pariwisata Daerah) Kabupaten Keerom di Aula  Perbatasan, Senin, (2/7/2018).

Bupati juga meminta Kepala dinas bisa kerja sama dengan instansi terkait untuk mendukung program pariwisata di keerom.

‘’Jika terkooordinasi dan terintegrasi, maka bisa berjalan dengan baik jika ada air terjun di skamto maka, dinas lain bisa mendukung misalnya jalan oleh dinas PU dan sektor ekonimo melalui perindakop dan lainya,”lanjutnya.

Dia juga meminta adanya dukungan dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain sehingga lewat sektor  pariwisata bisa meraih APBD bagi Keerom. ‘’Mari kita kerja sama meningkatkan kinerja dengan kerja iklas, kerja cerdas dan kerja trampil. Kita harus meningkatkan potensi dari sektor pariwisata,” katanya lagi.

Sementara itu, selaku pemateri dari Akparis Jayapura, Yeri Arongear mengatakan setelah melakukan penelitian pihaknya dan tim sudah membuat grand disaign mencapai 80 persen.

“Jika bicara kampung wisata, maka  akan diberbicara produk apa yang harus dilihat, contoh kampung Yowong sebagai pintu masuk ke Kabupaten Keerom, ternyata penduduk disana ternyata bervariasi dari Serui, Merauke, Jayapura dan keerom sehingga budayanya banyak gabungan. Ini adalah potensi,’’lanjutnya.

Ia melanjutkan bahwa budaya di Yowong cukup kuat. ‘’Karena eksistensi budaya keerom sangat kuat dan struktur lahan mendukung sehingga ini menarik. Apalagi beberapa waktu lalu masyarakat Yowong mengikuti studi tour ke kampong Wisata bersama dinas, ternyata ini mengubah daya dinamis berpikir masyarakat sehingga berkeinginan kampungnya bisa menjadi kampung wisata,’’lanjutnya lagi.

Sementara itu asisten I Setda, Sucahyo Agung yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengemukakan bahwa untuk mendukung Yowong sebagai kampong Wisata maka RIPDDA diharapkan untuk ditingkatkan menjadi Perbup.

‘’Bersama tim percepatan kampung yowong, kita harap ini bias segera terlaksana karena ini termasuk luar biasa, tentunya dengan Perbup maka kita akan libatkan lintas SKPD sehingga rencana ini bias mulai action,’’pungkasnya. (rif/ej/  KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here