Pilkada Mamberamo Tengah Damai,  Ham Pagawak Akui  Masyarakat Paham Demokrasi

0
748
Calon Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, saat memasukan surat suara yang telah dicoblos. (ISTIMEWA)
Calon Tunggal Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak usai mencoblos.(ISTIMEWA)

KOBAKMA (LINTAS  PAPUA)  –  Calon Bupati Mamberamo Tengah,  Ricky Ham Pagawak mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak politiknya pada Pilkada Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Rabu (27/6/2018)

Ham Pagawak datang ke TPS 001 yang berada di pusat ibu kota Kobakma tepatnya di halaman kantor Bank Papua sekitar pukul  11.00 WIT  untuk melakukan pencoblosan.

Selain melakukan pencoblosan untuk Pilkada Bupati Mamteng, Ham Pagawak juga melakukan hal yang sama untuk Pilgub Papua. Pilkada Mamteng sendiri hanya diikuti satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni R. Ham Pagawak dan Yonas Kenelak.

Calon Bupati Ham Pagawak mengaku bersyukur sebab puncak pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Mamteng berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Padahal sebelumnya kabupaten ini, menjadi salah satu kabupaten masuk dalam kategori rawan konflik saat berlangsungnya pelaksanaan Pilkada.

Menurutnya, Pilkada bisa berjalan denganlancar,  aman, dan damai tanpa adanya konflik tidak lepas dari peran masyarakat yang sadar bahwa Pilkada ini untuk kepentingan masyarakat sendiri dan pemerintah.

Pasalnya, pemimpin yang terpilih tentu akan membangun daerah lewat berbagai program yang dijanjikan selama kampanye demi kesejateraan masyarakat Mamberamo Tengah.

“Ini menunjukan bahwa masyarakat sudah paham akan pentingnya demokrasi, sebab hasil dari pesta demokrasi ini mereka bisa menikmati pembangunan,” ujarnya.

Walau diakuinya, ada juga pihak-pihak tertentu yang berupaya untuk menganggu pelaksanaan jalannya Pilkada, namun masyarakat tidak terprovokasi .”Kabupaten didirikan atas doa warga gereja yang ada di Mamberamo Tengah, sehingga kami percaya Tuhan akan melindungi hingga pemimpin terpilih dilantik sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat tercapai dalam pembangunan lima tahun ke depan,” ucapnya.

Ham menuturkan, suksesnya pelaksanaan pencobolosan tidak lepas juga dari peran penyelenggara pemilu baik KPU maupun PPD dan PPS, Panwas, aparat keamanan POLRI –TNI baik Kapolri hingga aparat di daerah, dan tentunya seluruh masyarakat Mamberamo Tengah.

Pada kesempatan itu juga, Ham menyampaikan terima kasih kepada rakyat Mamberamo Tengah yang mempunyai hak pilih karena sudah mendatangi TPS di Distrik Kobakma maupun empat distrik lainnya yakni Kelila, Ilugwa, Eragayam dan Kelila.

Suasana Pendaftaran Pasangan HANAS di Kobakma, Mamberamo Tengah . (Foto Berius Kogoya)
Calon Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak didampingi Wakil Calon Bupati, Yonas Kenelak, menjawab pertanyaan panelis dalam talk show ketiga yang digelar KPU Mamberamo Tengah di gedung Ukimearek Asso Wamena, Selasa (12/6/2018) kemarin. (ISTIMEWA)
calon tunggal Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. (Eveerth Joumilena /HPP)
Calon Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, saat menyampaikan orasi politik. (ISTIMEWA)

“Di TPS Moga Kobakma saja, ada 2000 ASN dan masyarakat yang mencoblos, ini menjadi hal luar biasa sebab tingkat partisipasi masyarakat tinggi untuk mengikuti pesta demokrasi ini,” katanya.

Menurutnya, tingginya partisipasi masyarakat, bukan pada Pilkada kali ini saja, namun sudah terlihat pada pemilihan legislatif sebelumnya maupun Pilkada pada lima tahun lalu.

Ham juga berpesan,  agar  masyarakat Mamteng tetap menjaga kondisi keamanan daerah yang kondusif seperti saat ini hingga pada proses pelantikan nanti.”Mari kita sama-sama menjaga keamanan daerah,” pintanya. (MR/EJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here