ASMAT (LINTAS PAPUA) – Bupati Asmat Elisa Kambu meminta semua pihak untuk memastikan pelaksanaan pemilihan gubernur Papua (Pilgup) di Kabupaten Asmat berjalan aman, tertib dan lancar.

Tekrait hal itu, Bupati Kambu menggelar rapat koordinasi untuk memastikan keamanan pemilihan gubernur (Pilgub) Papua dengan unsur TNI, Polri dan para kepala distrik di Kabupaten Asmat.

“Kita memastikan agar Asmat tenang dan damai menjelang Pilgub. Rapat ini penting karena kita semua punya tanggung jawab untuk menjadikan Papua aman, Asmat aman” kata Elisa Kambu saat membuka rapat koordinasi di kediamannya di Agats, Sabtu (23/6) malam.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Wakapolres Asmat Kompol Mursalim, Danramil 1707-08/Agtas Kapten Hermanus Kopong, para kepala distrik, kapolsek dan bintara pembina desa (Babinsa).

“Kalau mau aman, maka kita harus pastikan proses Pilgub di Asmat bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Kalau ada gejolak tentu berpengaruh terhadap Papua secara umum,” katanya.

Elisa Kambu mengharapkan TNI dan Polri selalu bersinergi dengan pemerintah setempat dalam hal pengamanan Pilgub Papua di Kabupaten Asmat.

Ia mengatakan bupati bersama kapolres dan perwira penghubung punya tanggung jawab untuk menjaga keamanan Asmat secara menyeluruh. Sedangkan di tingkat distrik, keamanan menjadi tanggung jawab kepala distrik, kapolsek, danramil dan babinsa.

“Kita semua harus bersinergi untuk memastikan pemilukada ini berjalan aman, lancar dan sukses. Pengamanan utama ada di Polri, TNI membakup, sementara pemerintah bertanggungjawab atas suksesnya pemilu,” ujarnya.

Bupati Elisa menambahkan, sukses atau tidaknya pemilu diukur dari tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih, pemilu dilaksanakan tepat waktu, dan pemilu berjalan  tertib dan aman.

“Pilihan ada di masyarakat. Kita semua harus tetap bersikap netral, memastikan pemilu berjalan tepat waktu, tertib dan aman. Kita akan bersama-sama melakukan pemantauan di sejumlah distrik,” katanya.

Wakapolres Asmat Kompol Mursalim menyatakan kepolisian setempat sudah siap mengamankan pelaksanaan Pilgub Papua di Kabupaten Asmat pada 27 Juni 2018. Sejumlah pasukan telah digeser ke berbagai distrik.

“Tadi juga anggota sudah mengamankan pergeseran logistik ke sejumlah distrik seperti Atsy dan Kolfbraza. Untuk distrik-distrik terdekat akan digeser sehari sebelum pencoblosan. Kami mengharapkan kita semua tetap bersinergi dalam pengamanan Pilgub ini supaya berjalan aman, lancar dan tertib,” katanya. (erib/ Koran Harian Pagi Papua)