Lantamal Jayapura Intensif Tekan Peredaran Narkoba

0
909
Wakil Komandan Lantamal X Jayapura, Kolonel Laut (P) Antonius Yunianto Giarsiwi. (Lea/HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Wakil Komandan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Antonius Yunianto Giarsiwi mengakui pelanggaran atau tindak kejahatan di perairan Papua atau wilayah kerja Lantamal X Jayapura mulai menurun karena digelarnya operasi (patroli) rutin selama 1×24 jam.

“Beberapa keberhasilan yang kami lakukan dalam menekan angka pelanggaran di laut yaitu seperti penyelundupan narkoba berupa ganja,” ujar Antonius kepada HPP usai pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) di Khalkote, Kabupaten Jayapura, Selasa (19/6/2018).

 

Antonius mengatakan bahwa wilayah kerja bagian timur dan barat seperti Selat Malaka tentunya memiliki perbedaan. Untuk wilayah timur, tujuan penyelundupan narkoba jenis shabu yang biasanya dibawa dari Cina sangat jarang bahkan tidak ada.

 

“Ya, tidak ada akses mereka (Cina) ke sini, justru narkoba hanya ganja yang dibawa dari seberang PNG dan itu melalui kerabat mereka yang tinggal di sini (Jayapura), dan mereka beruntung karena merasa masih satu rumpun, satu daratan, jadi hal inilah yang dimafaatkan masyarakat PNG untuk mengirim ganja yang sudah dikeringkan”terangnya.

 

Lanjutnya, hal itu kini sudah diantisipasi Lantamal X Jayapura dengan mendirikan Pos Angkatan Laut (Posal) di wilayah Skouw untuk memantau pergerakan orang-orang yang datang membawa barang haram tersebut.

 

“Kami bersyukur karena Pak Wali Kota Jayapura sudah siap untuk memindahkan Posal ke tempat yang lebih depan, sehingga mereka yang pelintas batas dari seberan (PNG) punya rasa kekuatiran dan takut”.

“Tapi walaupun posnya tidak dimajukan sekalipun kami setiap hari melakukan patroli, hanya saja keterbatasan armada tapi kami tetap memaksimalkan yang ada untuk meneggakan kedaulatan NKRI di wilayah perairan ini,” pungkasnya. (Lea / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here