Polri Berikan Pelatihan Bertani bagi Masyarakat Komoro

0
529
– Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui tim Bina Masyarakat (Binmas) Noken-nya kembali melanjutkan program kerjanya mendorong masyarakat Papua, agar dapat mandiri dalam mengelola sumber daya alam, khusunya di bidang pertanian. Suasana saat pelatihan bertani. (ISTIMEWA)
Kabupaaten Mimika dilihat dari ketinggian .(Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui tim Bina Masyarakat (Binmas) Noken-nya kembali melanjutkan program kerjanya mendorong masyarakat Papua agar dapat mandiri dalam mengelola sumber daya alam, khusunya di bidang pertanian.

 

Kali ini tim Binmas Noken Polri berada di tengah-tengah masyarakat Kamoro, suku asli yang mediami Kabupaten Mimika. Tim tersebut juga menggandeng Pemerintah Kabupaten Mimika untuk bersama-sama turun ke lapangan guna memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani lokal.

 

Kepolisian juga mendapatkan dukungan kuat dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika.

Kepala bidang penyuluhan dan sarana prasarana Kabupaten Mimika, Ir. Endro dwi partomo. M.si, kepada awak media mengatakan, pihaknya siap mendukung Polri untuk bertani bersama masyarakat suku Kamoro.

“Jadi, untuk program Binmas Noken Polri ini, kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Mimika sangat mendukung sekali karena program ini adalah suatu bentuk pemberdayaan masyarakat yang mana sesuai dan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Mimika,” ungkapnya kepada awak media di lahan pertanian Binaan Binmas Noken Polri, tepatnya di SP. IV, Wonosari Jaya, Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Sabtu (9/6/2018) lalu.

Menurut Endro, Program Binmas Noken Polri ini telah membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat terutama meningkatkan taraf hidup ekonominya, sehingga semua orang asli papua bisa tersentuh. “Kami dari dinas pertanian juga akan mendukung Binmas Noken Polri dalam hal pendampingan kepada masyarakat yang sedang bertani. Kami juga berterimakasih kepada pihak kepolisian karena dengan adanya kegiatan ini tugas pemerintah akan semakin ringan,” jelasnya.

Di lain kesempatan, Ketua kelompok tani binaan Binmas Noken Polri, Musa Onawame mengukapkan rasa syukur dan terimakasihnya karena dengan adanya pendampingan dalam hal pertanian dan perekebunan, sehingga masyarakat setempat mengetahui cara menanam dan merawat tanaman hingga memanen hasilya.

Musa juga berterimaksih atas kerjasama yang baik antara Tim Binmas Noken Polri dan Dinas Pertanian Kabupaten Mimika, sehingga lahan pertanian dari kelompoknya dikunjungi dan mendapat perhatian dari kedua belah pihak. “Sebagai masyarakat pribumi Kamoro yang mendiami Mimika, kami sangat berterima kasih” singkatknya dihadapan seluruh yang hadir di lokasi kebunnya.

Diakuinya, dengan adanya bantuan dan dukungan dari Binmas Noken Polri dan Dinas Pertanian Kabupaten Mimika, sehingga perekonomian masyarakat Kamoro bisa  lebih baik dan mandiri.

Sementara  itu, Kanit Pertanian Binmas Noken Polri, Iptu Ma’ruf Suroto menambahkan bahwa, pada lahan pertanian yang telah digarap ini, akan ditanami berbagai macam jenis tanaman pokok seperti terong, tomat, jagung dan beberapa jenis sayuran lainya.

Dalam pembinaan ini dilakukan penyerahan bibit tanaman sayuran dari Dinas Pertanian setempat kepada para petani tani yang diserahkan oleh Kepala Tim Binmas Noken Polri, Kombes Pol Dr. Eko Rudi Sudarto. (Paul / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here