Ketua KPUD Mamteng Ajak Masyarakat Tenang Ikuti Tahapan Pilkada

0
29
Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa, saat memberikan keterangan. (ISTIMEWA)
CALON TUNGGAL DI MAMBERAMO TENGAH. Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak didukung oleh tujuh parti politik yang memiliki kursi di DPRD setempat. Jadi, semua parpol yang punya kursi mendukungnya. (Foto Berius Kogoya)

WAMENA (LINTAS PAPUA)  –  Hingga kini Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Kabupaten Mamberamo Tengah telah menjalankan sejumlah tahapan Pilkada di kabupaten itu, salah satunya adalah talk show ketiga yang digelar Wamena, Selasa (12/6/2018).

 

Walau telah menjalankan sejumlah tahapan Pilkada, namun masih ada saja pihak yang tidak puas atas keputusan Mahkamah Agung hingga beredar isu Pilkada di Kabupaten Mamberamo Tengah akan diikuti lebih dari satu pasangan calon bupati.

Beredarnya isu itu di masyarakat membuat Ketua KPU Mamberamo Tengah, Steven Payokwa angkat bicara.

 

“Keputusan Mahkamah Agung merupakan keputusan hukum tertinggi, dan hasilnya sudah diketahui bersama, putusan Mahkamah Agung itu bersifat tetap, mengikat dan sah,” ujar Steven di Wamena, Rabu (13/6/2018).

 

Ia meminta, semua pihak untuk menghormati keputusan Mahkamah Agung, sebab inilah upaya hukum terakhir.

 

”Semua harus menerima keputusan  Mahkamah Agung dengan jiwa besar,” katanya.

 

Menurutnya, saat ini yang  ikut dalam Pilkada Mamberamo Tengah hanya satu pasangan calon yakni R. Ham Pagawak sebagai calon bupati dan Yonas Kenelak sebagai calon wakil  bupati.

 

Untuk itu, dia meminta masyarakat  Mamberamo Tengah yang ada di lima distrik untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang saat ini. “Saya minta masyarakat tenang mengikuti tahapan Pilkada yang saat ini sedang berjalan, jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar,” ucapnya.

 

Ia berpesan, kepada masyarakat untuk mempercayakan  kepada KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk menjalankan semua tahapan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Selain telah menjalankan tahapan Pilada, yakni talk show yang sudah digelar Selasa (12/6/2018) di Wamena, saat ini pihaknya juga telah pelipatan surat suara.”Kalau surat  suara sudah  rampung, rencana H-2 akan disalurkan ke lima distrik,” ucapnya.

 

Menurutnya, distribusi seluruh surat suara ke lima distrik akan dipusatkan di Wamena. “Pasca terbakarnya kantor KPU di Kobakma, kami berkantor di Waena, sehingga untuk distribusi surat suara akan dilakukan dari sini, mengingat dari sisi jarak jauh lebih dekat,” ujarnya. (Eveerth Joumilena)