Pemilu Legislatif 2019 di Jayawijaya Akan Perebutkan 30 Kursi

0
316

 

KPU Jayawijaya dalam sebuah kegiatan. (Ema)

WAMENA (LINTAS PAPUA) – Komisioner KPU Kabupaten Jayawijaya, Devisi Teknis, Sarlota mengungkapkan, alokasi kursi dalam legislative Kabupaten Jayawijaya hanya terdapat 30 kursi.

Hal itu diuangkapkannya, Selasa (12/6/2018) usai kegiatan Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi serta tata cara pencalonan Pemilu Legislatif Tahun 2019 Kabupaten Jayawijaya yang dilaksankan di ruang rapat kantor KPU Kabupaten Jayawijaya.

Dijelaskan, hal penetapan alokasi kursi sebanyak 30 kursi telah diatur berdasarkan PKPU Nomor 16 Tahun 2017 Pasal 8 Ayat 2 Point E serta jumlah penduduk.

Dikatakan, berdasarkan data DAK2 yang di terima dari dirjen kependudukan melalui KPU RI, jumlah penduduk di Kabupaten Jayawijaya persemester sebanyak 268.137 jiwa, itu berarti penetapan kusi dalam lembaga legislative di kabupaten Jayawijaya hanya 30 kursi.

Divisi Teknis KPUD Jayawijaya, Sarlota Nelly Martha Wartanoy. (Fransisca / LintasPapua.com)

Menurutnya, penyebaran penduduk di Jayawijaya tersebar dalam 4 Dapil, dan jumlah kursi yang ada pada 4 dapil tersebut juga berbeda-beda, dan ini terjadi karena berdasarkan jumlah penduduk setempat.

Dijelaskan, untuk daerah pemilihan 1 memiliki jumlah kusi 8 dan untuk dapil 2 memiliki jumlah kursi sebanyak 7 kusi dan untuk dapil 3 memiliki jumlah kursi sebanyak 6 kursi sedangkan untuk dapil 4 memiliki 9 kursi.(ema)