Disperindag Kab.  Jayapura Gelar Pasar Murah Ramadhan 2018

0
106
Suasana Pasar Pharaa Sentani (Foto Engel Wally Facebook)
Suasana Pasar Pharaa Sentani (Foto Engel Wally Facebook)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura, menggelar pasar murah Ramadhan 2018 guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah.

“Operasi pasar murah ini bertujuan untuk dalam rangka menghadapi Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 M. Sehingga kami melakukan pasar murah ini, dan kami yakin pasar murah itu dapat menstabilkan harga bahan pokok di pasaran,” ujar  Kepala Dinas Perindustrian dan Prdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Jayapura, Yos Levie Yoku, S.Pt, ketika dikonfirmasi Harian Pagi Papua, di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/6/2018) pagi lalu.

 

Pelaksanaan pasar murah Ramadhan digelar Disperindag Kabupaten Jayapura itu di dua lokasi yakni, di Distrik Nimbokrang pada Jumat (8/6/2018) dan di Kota Sentani tepatnya di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/6/2018).

 

Kegiatan pasar murah tersebut melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan juga pengusaha distributor.

Masyarakat dapat membeli dengan harga murah seperti tepung terigu Rp 5.000/kg, gula pasir Rp 10.000/kg, minyak goreng Rp 10.000/kg, mie instant Rp 40.000/karton dan minyak tanah Rp 3.500/liter.

 

Kehadiran pasar murah itu tentu meningkatkan daya beli masyarakat menjadi meningkat.

 

Biasanya, selama Ramadhan harga bahan pokok melonjak akibat tingginya permintaan konsumsi masyarakat.

 

“Kami optimis pasar murah itu dapat menstabilkan harga bahan pokok di pasaran, katanya lagi menjelaskan.

Yos Yoku mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aksi borong karena bisa menimbulkan lonjakan harga.

 

“Begitu juga untuk pedagang tidak menaikan harga bohon pokok karena persediaan bahan pokok cukup.

Kami akan menindak tegas jika harga bahan pokok melonjak siginifikan karena pasokan lancar dan melimpah,” katanya dengan nada tegas.

 

Sementara itu, Warga Masyarakat,  Sawiyah (50), selaku warga Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura mengatakan bahwa pasar murah yang digelar Disperindag Kabupaten Jayapura sangat membantu masyarakat.

 

“Karena harga bahan pokok relatif murah dibandingkan dengan harga pasaran. Kami membeli satu paket dengan harga Rp. 50 ribu dapat beras/kg, gula satu/kg, minyak satu liter dan telur/kg,” katanya. (Irfan / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)