Puskesmas Jayapura Hentikan Sementara Pelayanan Program

0
212
Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., saat menyapa warga di Puskesmas. (istimewa)
Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., saat menyapa warga di Puskesmas. (istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Provinsi Papua, dr. Ni Nyoman Sri Antari mengatakan sejumlah puskesmas di kota itu menghentikan sementara pelayanan yang sifatnya program, selama libur Lebaran 2018.

“Pelayanan kesehatan dari program tidak dikerjakan selama libur Lebaran 2018, konsentrasi pelayanan kesehatan di puskesmas pada masyarakat atau pemudik yang membutuhkan selama Lebaran,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, Selasa.

Dia mengatakan, pelayanan program yang biasanya setiap hari dilakukan oleh puskesmas seperti pelayanan kelas ibu hamil dan pemeriksaan rutin bagi ibu hamil dihentikan utnuk sementara selama libur Lebaran.

Lanjut dia, pelayanan yang dilakukan puskesmas selama libur panjang Lebaran yakni pelayanan kepada pasien yang mau berobat karena benar sakit atau pelayanan yang sifatnya umum.

Situasi Pelayanan di Puskesmas Abepantai. (Elsye Sanyi / HPP)

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Puskesmas Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Masdiana Pardede.

Menurut Masdiana, selama libur Lebaran, pelayanan yang dilakukan di puskesmas sifatnya pelayanan umum.

Lanjut dia, pelayanan yang bersifat program seperti pelayanan kesehatan ibu dan anak, imunisasi, atau poli gigi itu dihentikan untuk sementara selama lebaran.

“Pelayanan kesehatan yang sifatnya program di puskesmas akan kembali dilaksanakan setelah libur Lebaran,” tambah Masdiana. (ANT / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)