Gubernur Soedarmo Minta  Dishub  Bangun Posko Pantau Arus Mudik

0
149
Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, saat memberikan keterangan pers. (Erwin /HPP)
Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, saat memberikan keterangan pers. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Dinas Perhubungan Provinsi Papua diimbau membangun posko pantauan arus mudik, guna mengantisipasi kecelakaan transportasi yang kerap terjadi jelang Lebaran. Hal demikian disampaikan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo di Jayapura, kemarin.

Kendati arus mudik di Provinsi Papua tak seramai seperti di pulau Jawa, pihaknya berharap posko yang dibangun tersebut mampu meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

“Inilah fungsinya dinas perhubungan dalam memberikan pelayanan. Sebab nanti di posko itu juga bisa disediakan pelayanan kesehatan maupun ambulance. Hal itu tentu untuk mengantisipasi masyarakat yang mungkin memerlukan pertolongan,” terang dia.

Dia berharap instansi perhubungan, dapat berkoordinasi dengan lembaga terkait guna mendukung kelancaran arus mudik pada perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Sehingga pegawai dan masyarakat dapat mudik dengan aman dan lancar.

Pihaknya juga berharap masyarakat yang mudik agar menjaga keselamatan dan berkendara dengan selamat.

“Termasuk penumpang kapal laut misalnya, agar tidak memaksakan kehendak jika muatannya melebihi kapasitas yang ditentukan. Tolong laporkan kepada aparat keamanan jika ada seperti itu. Karena dapat memicu kecelakaan yang justru akan merenggut lebih banyak jiwa,” pungkasnya.

Sementara terkait libur panjang bagi aparatur sipil negara (ASN) dia harapkan kepada seluruh pegawai negeri untuk masuk kerja tepat waktu.

“Saya ingatkan jajaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintahan provinsi untuk tidak lagi menambah waktu liburan”.

“Sebab waktu liburan yang diberikan sudah sangat panjang, sehingga bagi ASN yang pulang ke kampung halaman, diimbau wajib sudah berada di tempat tugas sesuai waktu yang ditetapkan sebelumnya,” harapnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)