Perekonomian Papua Masih Bergantung di  Sektor Pertambangan

0
341
Lokasi Pertambangan PT. Freeport Indonesia. (ISTIMEWA)
Lokasi Pertambangan PT. Freeport Indonesia. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Papua dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, menggelar Kajian ekonomi dan keuangan Regional Mei 2018, Pertumbuhan ekonomi provinsi Papua tumbuh signifikan pada triwulan ke satu 2018. Dihadiri sekitar 100 pelaku bisnis dan pengerak perbankan Provinsi Papua, Selasa (5/6/2018) Grand Abe Hotel Jayapura.

 

Asisten Direktur Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua,  Fauzan mengatakan bahwa Perekonomian Papua masih bergantung pada sektor Pertambangan.

 

“Dalam rangka pembangunan Papua kita lihat juga sebenarnya angka-angka pertumbuhan ekonomi di Papua, selama ini cukup baik, hanya saja mungkin selama ini kita tergantung terhadap sektor pertambangan masih cukup besar. hampir 41% sumbangsih Papua di Sumbangkan dari sektor pertambangan jadi kinerja perekonomian yang sangat tergantung dari sektor pertambangan.”katanya.

 

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Provinsi Papua, Syarwan. Menyampaikan perekonomian Papua bisa di tingkatkan pada sektor lain selain pertambangan.

 

“Papua ini sangat bergantung dengan transfer BPD yaitu dari APBD. masih banyak sebenarnya potensi-potensi yang bisa dikembangkan di Papua contohnya pariwisata, Keerom bisa menjadi tempat peternakan, juga beberapa wilayah subur bisa di gunakan untuk lahan pertanian, agar tidak bergantung pada sistem pertambangan saja,” pungkasnya. (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here