Balai Besar  POM Papua :  Semua Makanan Takjil Layak Konsumsi

0
480
hasil uji laboratrium dari sample makanan yang baru saja di beli semuanya tidak mengandung zat berbahaya untuk di konsumsi. Tampak Suasana Pemeriksaan disalah sagtu penjual kue. (Fransisca / LINTASPAPUA.COM)
Koordinator Uji Laboratrium keliling BP POM Papua, Jonner H. Butar- Butar(. (Fransisca /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Papua, melakukan uji sample makanan takjil yang di jual di sekitaran pasar Kloofkamp Jayapura, untuk mengetahui apakah ada bahan makanan yang jual kepada masyarakat mengandung zat berbahaya.

 

makanan yang di ambil samplenya adalah makanan berwarna seperti Kue ku, puding telur, lapis, bolu kukus.Senin(4/6/2018).

 

 

Koordinator Uji Laboratrium keliling BP POM Papua, Jonner H. Butar- Butar memastikan, pedagang tidak mengunakan kantong plastik daur ulang, lalu membeli sample makanan kebanyakan berwarna kuning dan merah.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Papua, melakukan uji sample makanan takjil yang di jual di sekitaran pasar Kloofkamp Jayapura, untuk mengetahui apakah ada bahan makanan yang jual kepada masyarakat mengandung zat berbahaya. (Fransisca / LintasPapua.com)

 

“Kami meminta pedagang untuk mengunakan kantong plastik warna putih, sebab kantong berwarna merupakan kantong daur ulang. semua makanan yang kami ambil samplenya adalah makanan berwarna kuning dan merah dicurigai mengandung Rodamin, matanil yelow (pewarna textil merah dan kuning) dilarang di konsumsi manusia, juga Borax, Formalin,” ujar Jonner Butar – Butar.

 

Ditambahkan, bahwa uji laboratorium keliling (Testkit) secara cepat mendeteksi makanan layak konsumsi atau tidak selama dua menit, mengingat makanan mengandung pewarna buatan merusak organ tubuh maupun ginjal.”katanya sambil melanjutkan pengujian sample makanan takjil yang baru di beli dari pasar takjil.

Kepala Konsumen Papua, Diah Angoro Asih, S.Farm, Apt. (Fransisca / LintasPapua.com)

 

 

Sementara itu, Kepala Konsumen Papua, Diah Angoro Asih, S.Farm, Apt. Memyampaikan, bahwa hasil uji laboratrium dari sample makanan yang baru saja di beli semuanya tidak mengandung zat berbahaya untuk di konsumsi.

 

“Hasil uji sample makanan hari ini memenuhi syarat, Pengawasan mulai dari minggu pertama bulan puasa, semua memenuhi syarat, atau tidak di temukannya bahan berbahaya di makanan dari 156 sample,” katanya.

hasil uji laboratrium dari sample makanan yang baru saja di beli semuanya tidak mengandung zat berbahaya untuk di konsumsi. Tampak Suasana Pemeriksaan disalah sagtu penjual kue. (Fransisca / LINTASPAPUA.COM)

 

Ditambahkan, bahwa pihaknya  sudah melakukan pengawasan di kota Jayapura dan Kabupaten, juga wilayah Biak, Serui dan Wamena.

“Kami mengadakan edukasi kepada masyarakat untuk mengunakan bahan yang aman, bersih, dan tidak membahayakan,”ungkapnya. (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here