Wali Kota Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-Nilai Pancasila

0
367
Wali Kota Jayapura saat upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2018 di Lapangan Apel Kantor Wali Kota Jayapura. (Elsye Sanyi / HPP)
Wali Kota Jayapura saat upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2018 di Lapangan Apel Kantor Wali Kota Jayapura. (Elsye Sanyi / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Dengan mengusung tema ‘Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi, Berprestasi’, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2018 lalu, bertempat dilapangan apel Kantor Wali Kota Jayapura, baru-baru ini.

 

Dalam moment itu, Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM selaku inspektur upacara mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru, politisi dan jajaran pemerintahan, TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kesehariannya ditengah-tengah masyarakat.

 

Mano mengatakan Kota Jayapura merupakan kota majemuk dimana semua suku bangsa, bahasa, dan agama ada di kota ini. Dan dari perbedaan-perbedaan tersebut, semua elemen masyarakat disatukan dalam Bhineka Tunggal Ika yakni berbeda-beda tapi satu, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Dan sebagai dasar negara kita, Pancasila yakni dari sila pertama hingga sila kelima itu sebagai dasar pinjakan kita dari keberbagaian suku, agama, dan ras di Kota Jayapura, kita menjiwainya itu bersama-sama, sesuai dengan misi Pemkot Jayapura yaitu kota beriman, sehingga kita menjalankan nilai-nilai agama berpedoman pada Pancasila,” ujarnya.

 

Lanjutnya, apabila masyarakat mengamalkan Pancasila dan empat pilar negara dengan baik dalam kehidupannya, maka Kota Jayapura tidak mudah tergoyah dan tidak terpecah belah dengan paham-paham radikalisme yang ingin merusak kesatuan dan persatuan kita.

 

“Mari kita pupuk terus dan kembangkan nilai-nilai luhur itu dan kita menjaga kota jayapura menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI. Dan juga saya harap nilai pancasila bisa terpatri dalam seluruh warga kota, terutama para pemuda sebagai penerus, pejuang dan pemimpin masa depan,” harapnya. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here