Disnaker  Papua Diminta Pantau Pembayaran THR

0
573
Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Anggota Komisi II DPR Papua, Mustakim HR meminta, agar Disnaker Provinsi Papua maupun kabupaten/kota untuk turun melakukan pemantauan terkait pembayaran tunjangan hari raya (THR) menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

 

“Kami harap disnaker benar-benar melakukan pemantauan terhadap perusahaan dalam hal pembayaran THR terhadap karyawan yang merayakan Lebaran,“ kata Mustakim di ruang kerjanya, Rabu (30/5).

 

Hal itu, kata Mustakim, untuk memastikan para pengusaha membayar hak-hak karyawan, dan tidak ada pengusaha di Papua ini yang tidak membayar THR terhadap karyawannya.

 

“Ini kan satu tahun sekali, minimal ya satu bulan gaji. Untuk pembayarannya jangan menunggu H 2 atau H 1, baru pihak perusahaan mau berikan THR kepada karyawannya, paling tidak minimal H -7 sudah harus diberikan THR itu kepada karyawannya, khususnya yang akan merayakan hari raya Idul Fitri,“ katanya.

 

Dengan demikian, lanjut Mustakim, para karyawan bisa menggunakan THR itu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dalam menyambut Idul Fitri.

 

Yang jelas, pihaknya menghimbau kepada seluruh pengusaha yang ada di tanah Papua, agar dapat memperhatikan hak-hak dari karyawan khususnya menjelang hari-hari besar keagamaan, seperti Lebaran yang sudah tinggal hampir 2 pekan lagi ini.

 

“Sesungguhnya kalau karyawan itu sudah bekerja, minimal satu tahun itu sudah berhak untuk dia menerima THR, minimal satu bulan gaji, kalau pun lebih itu tergantung dari kemampuan dari para pengusahan itu sendiri,“ katanya.

 

Ditambahkan, para pengusaha baik toko, kios, perusahaan-perusahaan menengah atau perusahaan besar, itu wajib hukumnya untuk memberi THR kepada karyawan.

 

“Apalagi lebaran tahun ini jatuhnya di pertengahan bulan, bukan diawal bulan sehingga ya tentu mereka akan terima gajinya di awal bulan atau nanti di akhir bulan. Apalagi, itu yang ditunggu-tunggu pekerja,“ imbuhnya. (bat/ab / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here