Target Kasus Korupsi, Kepengurusan LPRI Papua Siap Dilantik 8 Juni

0
1064
Ketua LPRI Provinsi Papua, Elisa Bouway,  saat jumpa pers. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Ketua LPRI Provinsi Papua, Elisa Bouway mengatakan, bahwa Kepengurusan lembaga pengawasan reformasi Indonesia,( LPRI) Provinsi Papua periode 2018-2023 pada tanggal 8 Juni 2018 dijadwalkan akan dikukuhkan oleh LPRI Pusat yang bertempat di Auditorium Uncen, Abepura.

“Setelah SK LPRI keluar pada bulan Februari 2018 lalu kini saatnya, LPRI mulai melakukan pembentukan kepengurusan mulai Pusat hingga Provinsi bahkan sampai ke daerah,” ujar Ketua LPRI Provinsi Papua, Elisa Bouway,  kepada media di Jayapura, Rabu (30/5/2018).

Dikatakan, bahwa pelantikan atau pengukuhan ini menindak lanjuti surat mandat sekaligus menjawab kebutuhan daripada kehadiran LPRI. Setelah LPRI dikukuhkan maka hal utama yang akan dikerjakannya adalah menyoroti kasus korupsi di Papua mengingat belum adanya lembaga yang menyoroti kasus korupsi itu secara serius dan mendalam termasuk menopang nawacita Presiden RI, Jokowi didaerah yakni, memonitoring penyelenggara pemerintah daerah.

Elisa mengakui,  Tak hanya LPRI Provinsi Papua namun bersamaan itu juga dikukuhkan LPRI di 7 Kabupaten di Provinsi Papua. Harapannya, LPRI tingkat Provinsi dan Kabupaten bisa saling berkolaborasi melakukan pengawasan reformasi didaerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Menurut, Elisa terselenggaranya kegiatan ini tak lepas dari dukungan dari pejabat tinggi daerah seperti, Kapolda, Pangdam, Rektor Uncen,Penjabat Gubernur Papua sebab tanpa dukungan, kegiatan ini tidak akan terselenggarakan.

“ Kegiatan ini juga akan mengemas, sambungnya seminar nasional tentang pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi yang merusak keutuhan bangsa dengan pemateri dari,KPK,GMKI Pusat, Kapolda, Pangdam dan Rektor Uncen,” ucapnya.

Untuk peserta, Elisa membeberkan, Mahasiswa Uncen yang diperkirakan berjumlah sekitar 2000 –an orang. Selain itu, kegiatan ini juga akan mengundang seluruh Bupati se- Tanah Papua untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini terlaksana hasil gagasan LPRI bekerjasama dengan Pemprov dan Rektor Uncen,” bebernya.

Sekretaris LPRI Provinsi Papua, Raf Marthin mengatakan, Kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan lembaga LPRI yang akan hadir di Papua. ISTIMEWA)

Sementara itu, Sekretaris LPRI Provinsi Papua, Raf Marthin mengatakan, Kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan lembaga LPRI yang akan hadir di Papua,  sehingga hal-hal yang terhambat didaerah akan menjadi perhatian LPRI untuk diteruskan kepada LPRI Pusat lalu diteruskan kepada Presiden RI melalui kepala staf Kepresidenan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here