Komisi II DPR Papua : Perlu  Operasi Pasar Jelang Idul Fitri 1439 Hijriyah

0
281
Anggota DPR Papua, Mustakim HR. (Rambat/HPP)
Anggota DPR Papua, Mustakim HR. (Rambat/HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, harga sejumlah barang kebutuhan pokok maupun barang strategis lainnya cenderung mengalami kenaikan.

 

Untuk itu, Komisi II DPR Papua menyarankan agar instansi terkait termasuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua untuk segera menggelar operasi pasar.

 

“Kami sarankan untuk dinas terkait, untuk mensiasati melonjaknya harga, mungkin segera menggelar operasi pasar, baik melalui pasar murah di beberapa titik bekerjasama dengan Bulog,“ kata Mustakim HR.

 

Menurutnya, hal itu sangat penting dilakukan guna membantu masyarakat terutama ekonomi menengah ke bawah untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang tidak mahal, dalam menghadapi Lebaran.

Pasar Ikan Hamadi (ISTIMEWA)

 

Mustakim menghimbau kepada pemerintah khususnya kepada instansi terkait untuk segera memantau kondisi ketersediaan stok kebutuhan bapok dalam rangka menyambut Idul Fitri.

 

Sebab, lanjut Mustakim, ketika barang itu kosong atau kekurangan stok barang di pasar, berarti kan menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

 

“Mengingat, pada saat ini kebutuhan semua bahan pokok kan pasti meningkat. Oleh karena itu kami menghimbau kepada instansi terkait segera membentuk tim untuk memantau kondisi kesiapan dalam rangka menghadapi hari raya Idul Fitri,“ katanya.

 

Terkait kebutuhan lokal seperti daging dan telur, Mustakim mengakui jika untuk produksi lokal sudah bisa memebuhi kebutuhan masyarakat, khususnya Jayapura, Wamena, Timika dan sekitarnya masih aman, terutama untuk telur maupun daging ayam dan daging sapi.

 

“Ini karena ada perusahaan DOC ayam di Koya itu sesungguhnya sangat membantu masyarakat. Dan dengan adanya peternakan itu, ya masyarakat sekarang kan dimana mana ada bikin kandang ayam untuk penggemukan ayam-ayam itu,“ imbuhnya.(bat / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here