Jaga Silahturahmi, Warga Gorontalo di Jayapura Gelar Buka Puasa Bersama

0
431
Ketua Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Merlan S. Uloli. (Fransisca /LintasPapua.com)
Ketua Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Merlan S. Uloli. (Fransisca /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Dewan pimpinan daerah (DPD) kerukunan keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) menggelar buka puasa bersama, bertemakan “Sarana mempererat tali silahturahmi dan meningkatkan kepedulian antar sesama”, Selasa (29/5/2018).

 

 

Buka puasa bersama  di hadiri sekitar 300 orang angota KKIG Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, serta sebagian anak panti Asuhan Muhamadiyah tanah Hitam Jayapura di gedung  Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotaraja Jayapura.

Kegiatan berlangsung khidmad dengan hadirnya Wali Kota Jayapura,  Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, sekaligus dengan pembagian 80 sembako bagi anak panti asuhan, serta anggota KKIG yang membutuhkan.

Wali Kota Jayapura saat foto bersama dengan masyarakat Gorontalo. (Fransisca /LintasPapua.com)

 

Ketua panitia kegiatan KKIG,  Alex Deu melaporkan, tujuan kegiatan, pendanaan kegiatan buka puasa bersama ini.

 

“Tujuan kegiatan untuk menjaga silahturahmi, Ukuwah Islamiyah kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan,” ujar Alex Deu, dalam sambutannya.

Dikatakan, bahwa selain hal ini, juga ada rasa saling percaya terhadap saudara seakidah, antar ikatan Kerukunan Gorontalo rantau yang berada di Jayapura.

Wali Kota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM., saat berbuka puasa bersama keluarga besar Dewan pimpinan daerah (DPD) Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) (Fransisca /LintasPapua.com)

“Adapun sumber kegiatan ini dari sumbangan sukarela angota KKIG total  Rp. 87 juta, juga dalam kesempatan ini, kami sampaikan  terimakasih untuk Bapak Wali kota Jayapura yang  hadir dalam kegiatan kami,” tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Merlan S. Uloli mengatakan, kegiatan rutin buka puasa tahun ini berbeda mengalami kemajuan di banding tahun sebelumnya.

 

“Kemajuan bisa mengetuk orang Gorontalo di bulan penuh amalan, tahun ini angota KKIG memberikan bantuan sesuai kemampuan,  sehinga terkumpul 80 paket sembako yang pahalanya ini bisa di nikmati saudara kita yang membutuhkan di kota maupun Kabupaten, serta anak Yatim. Tahun lalu kita membatasi makanan dengan nasi kotak, tapi tahun ini makanan di sajikan secara prasmanan sumbangan seluruh angota KKIG.”Jelasnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan,  agar menjauhi faham teroris dan tidak terpecah belah, karena PILKADA.

 

“Mari jaga toleransi kerukunan umat Jayapura, masyarakatnya heterogen, semua suku etnis Ada di kota ini. Mari kita menjaga kesatuan dan persatuan Jayapura ini Rumah kita, istana kita Honai kita. Saya Berpesan mari kita melawan teroris dan radikalisme. Teroris adalah bukan ajaran Islam, Islam itu Lil Alamin menjunung tinggi hak asasi manusia, mengajarkan kebaikan dan kedamaian,” tuturnya.

Dikatakan,  pada 27 Juni 2018 ada PILKADA Papua, Mohon KKIG tidak pecah gara-gara PILKADA, pilihlah orang yang cinta NKRI, Indonesia, cinta merah putih.

“Selamat beribadah puasa semoga mencapai ibadah yang Fitri,”katanya. Kemudian Walikota menyerahkan paket sembako secara simbolis pada anggota KKIG.

 

Tausiah pada kegiatan buka puasa bersama ini di sampaikan oleh Ustad Umar Bau Albintuni mengajak jemaah Menjadi Muslimin dan Muslimah teladan, bersatu menolak teroris.

 

“Naikkan salawat mu,  agar puasamu diterima Allah, saya mengajak Jamaah kita melawan terorisme, karena teroris bukan agama, sebab orang Islam yang sedang beribadah di bunuh, orang Kristen beribadah di Bom. mari kita bergandengan tangan menjaga kedamaian Papua. Kita harus menjadi Muslim muslimah yang menjadi teladan bagi Kota Jayapura,” pesannya.  (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here