Ikatan Keluarga Toraja – Kota Jayapura Diajak Sukseskan Pilgub Papua 2018

0
993
Wali Kota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM., saat melantik Pengurus IKT Kota Jayapura periode 2018-2023 di Tongkonan Jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Selasa (29/5/2018). (ISTIMEWA)
Wali Kota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM., saat melantik Pengurus IKT Kota Jayapura periode 2018-2023 di Tongkonan Jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Selasa (29/5/2018). (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Warga IKT (Ikatan Keluarga Toraja) yang berdomisili di Kota Jayapura, Papua dihimbau  dan diajak agar mensukseskan Pemilihan Umum Gubernur  Papua 27 Juni 2018 mendatang yang dilakukan secara serentak di 171 daerah termasuk didalamnya 17 Provinsi se Indonesia.

‘’Warga IKT yang ada di Kota Jayapura dihimbau untuk ikut mensukseskan Pilgub 2018 mendatang, jangan ada perpecahan yang bisa membuat sesama IKT menjadi bermusuhan, ingat Pilgub hanya sekali lima tahun tetapi persaudaraan harus dibina dan dijaga selama-lamanya. Jangan karena masalah Pilkada saja, orang Toraja menjadi terpecah,’’ ujar  Wali Kota Jayapura,  Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.,  saat melantik Pengurus IKT Kota Jayapura periode 2018-2023 di Tongkonan Jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Selasa (29/5/2018).

‘’Kita semua harus memujudkan Pilkada yang demokratis, bermartabat, jujur dan aman, demi menjaga persatuan dan kesatuan di Papua,’’ pesan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Tampak Walkot BTM saat foto selfi bersama warga IKT Kota Jayapura. (ISTIMEWA)

Dijelaskan, menjelang Pigub di Papua, di media sosial banyak sesama anggota IKT saling menyerang saling memaki yang nantinya bisa menghancurkan persatuan Orang Toraja di Jayapura,  bahkan di Papua yang sudah dibangun oleh para orang tua- orang tua terdahulu.

‘’Kita semua harus memujudkan Pilkada yang demokratis, bermartabat, jujur dan aman, demi menjaga persatuan dan kesatuan di Papua,’’ tegasnya.

Selain itu, warga IKT juga dihimbau dan diharapkan terlibat secara langsung untuk melawan hoax serta melawan aksi-aksi terorisme sekiranya sudah masuk di Jayapura dan menjaga Kota Jayapura dari aksi-aksi yang intoleran tersebut.

BTM saat membawakan sambutan menggunakan pakaian adat orang Toraja. (ISTIMEWA)

‘’Toleransi kerukunan umat bergama di Kota Jayapura menjadi contoh kehidupan toleransi bagi kota-kota lain di Indonesia, kehidupan bertoleransi kita sudah bagus, baik dan kita semua harus menjaga sikap itu, jangan memberikan ruang pada bibit-bibit intoleransi tumbuh di kota kita ini,’’ harapnya.

Selain itu, Wali Kota BTM  juga meminta,  warga IKT di Kota Jayapura aktif dalam menjaga kebersihan kota ini. ‘’Jangan jadikan kali atau sungai sebagai tempat sampah, jangan membuang sampah dari atas kendaraan, buanglah sampah pada tempatnya, saya ajak semua warga IKT untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan kota kita,’’ ajaknya.

Menandatangani surat keputusan pelantikan pengurus IKT Kota Jayaputra yang baru dilantik oleh Wali Kota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano. (ISTIMEWA

Dirinya mengharapkan,  IKT memiliki taman di kota ini seperti dengan panguyuban-paguyuban lainnya yang sudah memiliki taman.

Sementara itu,  Ketua IKT Kota Jayapura 2018-2023,  Nobertus Banga mengatakan, sebagai warga Kota Jayapura, IKT siap mendukung program pemerintah Kota Jayapura.

‘’Kami Orang Toraja menganut pemahaman dimana bumi di pijak di situ langit di junjung, kami warga IKT Kota Jayapura siap mendukung dan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jayapura yang dipimpn Bapak Walikota untuk suksesnya pembangunan di kota ini,’’ ujar Nobert.

Sebelum pelantikan Pengurus IKT Kota Jayapura, didahului dengan ibadah syukur yang dipimpin Pendeta Micha MUndi Kalebu. (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here