Bupati Mathius Buka Pelatihan Siskeudes Kampung di Distrik Kaureh

0
355
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, ketika di wawancarai usai membuka Sosialisasi Disagregasi PMTB, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/4/2018) siang. (Irfan/HPP)
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, ketika di wawancarai usai membuka Sosialisasi Disagregasi PMTB, di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (16/4/2018) siang. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., membuka secara resmi pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi lima (5) kampung se-Distrik Kaureh, acara yang digelar atas prakarsa pendamping Distrik Kaureh tersebut berlangsung di Room Jayawijaya-Hotel HoreX, Senin (28/5/2018) lalu.

Dalam arahannya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., menyampaikan, apresiasi kepada pendamping Distrik Kaureh yang telah memprakarsai pelatihan Siskeudes ini.

”Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi untuk teman-teman yang memprakarsai. Karena kita bicara mengenai sumberdaya manusia (SDM) Papua. Yang mana, sampai saat ini kita masih sibuk di tataran atasnya saja, yakni di struktur pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat atau pelaku-pelaku langsung di kampung-kampung yang langsung bertanggung jawab berhadapan dengan masyarakat setiap hari, ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Mathius menyatakan, seluruh penyelenggaraan pemerintahan dalam kampung (Desa) harus dapat dipertanggung jawabkan dengan ketentuan yang berlaku. Maka oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh peserta agar benar-benar serius mengikuti pelatihan sistem pengelolaan keuangan desa (kampung) ini serta dapat mengimplementasikannya pengelolaan keuangan di kampung masing-masing.

Dengan terwujudnya tata pengelolan keuangan kampung yang baik, maka akan mempermudah Negara dalam memonitoring keberhasilan pembangunan dalam suatu kampung. Jadi, saya pikir pelatihan ini penting untuk kampung dalam mengelola keuangan di kampung masing-masing, imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Distrik (Kadistrik) Kaureh, Najamuddin melaporkan, adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah perangkat kampung perwakilan setiap kampung yang ada di Distrik Kaureh, dan dipastikan pelatihan berlangsung selama lima hari, yakni sejak dari tanggal 28 Mei s/d 1 Juni 2018.

Keseluruhan peserta ini dari lima kampung yang ada di Distrik Kaureh, yakni Kampung Lapua, Kampung Soskotek, Kampung Sebum, Kampung Yadauw dan Kampung Umbron. Jadi, pelatihan Siskeudes bagi aparat kampung di Distrik Kaureh ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh distrik-distrik yang ada di Kabupaten Jayapura, ungkapnya.

Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih kepada bapak Bupati yang telah bersedia untuk membuka kegiatan pelatihan Siskeudes ini, ucapnya.

Najamuddin menambahkan, untuk peserta pelatihan Siskeudes bagi lima kampung di Distrik Kaureh ini terdiri dari kepala-kepala kampung, aparat-aparat kampung dan juga operator-operator, yang bertanggung jawab untuk menginput pelaporan-pelaporan keuangan. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here