Ketua Komisi III DPR Papua, Carolus Bolly, saat diwawancara. (Erwin /HPP)
Ketua Komisi III DPR Papua, Carolus Bolly, saat diwawancara. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS   PAPUA)  –  Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Irian Bhakti segera meningkatkan statusnya dari perusahaan daerah (PD) menjadi perusahaan terbatas (PT).

Menurut Ketua Komisi III DPR Papua,  Carolus Bolly, pengembangan status tersebut untuk menunjang proses pengembangan usaha maupun bisnis manajemen di perusahaan “berplat merah” tersebut.

“Makanya kita mengapresiasi kebijakan Penjabat Gubernur Soedarmo yang baru-baru ini melantik jajaran direksi baru PD. Irian Bhakti. Sehingga kita dalam waktu dekat juga akan mengundang para direksi untuk mendengarkan langkah bisnis apa yang diambil oleh direksi kedepan untuk pengembangan usaha kedepan,” tutur Carolus di Jayapura, kemarin.

Dia juga mendukung usulan maupun wacana Penjabat Gubernur Papua untuk menutup Perusahaan Daerah (PD) yang sudah tak produktif, serta tidak mampu berkontribusi memberi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebab sebenarnya usulan penutupan perusahaan daerah yang tidak memberikan kontribusi bagi daerah ini bukan hal baru. Tetapi dalam rapat-rapat resmi yang dihadiri lembaga eksekutif dan legislatif pun, sudah sering disampaikan kepada pimpinan daerah untuk segera menutup perusahaan yang tidak produktif.

“Karena Pemprov Papua kan sudah menggelontorkan dana penyertaan modal yang sangat besar. Sehingga bila perusahaan itu hanya menjadi beban sebaiknya ditutup,” jelas dia.

Selain Irian Bhakti, Pemprov Papua beberapa waktu lalu telah membentuk sejumlah perusahaan daerah seperti, PT. Listrik Papua, PT. Lintas Papua, PT. Percetakan Negara, PT. Semen Papua dan perusahaan daerah lainnya.

Sayangnya sejumlah perusahaan ini belum memberikan kontribusi bagi sehingga diwacanakan untuk dimerger, namun belum terealisasi.

Sementara melihat belum maksimalnya sejumlah perusahaan daerah, Penjabat Gubernur Soedarmo baru-baru ini melantik jajaran direksi baru PD Irian Bhakti. Dia harapkan seluruh direksi bisa bekerja keras meningkatkan keuntungan perusahaan daerah itu. Termasuk memotivasi seluruh perusahaan daerah yang ada agar mampu memberi keuntungan bagi perusahaan. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here