Dinas TPH Kab. Jayapura  Berikan Bantuan Cultivator dan Hand Sprayer

0
525
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., menyerahkan alat bantu pertanian kepada perwakilan kelompok tani di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (26/5/2018) pagi lalu. (Irfan/HPP)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., menyerahkan alat bantu pertanian kepada perwakilan kelompok tani di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (26/5/2018) pagi lalu. (Irfan/HPP)

 

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Miliki potensi dalam pertanian hortikultura, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura terus mendorong pengembangannya. Guna meningkatkan efisiensi waktu kerja petani, maka Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) memberikan bantuan cultivator kepada petani.

Selain cultivator, Dinas TPH berikan bantuan satu unit hand sprayer serta beberapa bibit rica (cabai) dan bibit sayuran.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., MM., mengatakan, potensi pertanian hortikultura di Kabupaten Jayapura semakin baik dan perlu mendapatkan dukungan.

Betul-betul ini ada swadaya murni dari kampung. Jadi, setelah bergerak kami dari pemerintah baru tau kalau ada usaha pertanian yang luar biasa. Sehingga kami dari Dinas TPH bantu dengan tenaga operator dengan traktor untuk melayani masyarakat petani yang ada di Kampung Puay, Kampung Yokiwa sampai dengan Kampung Putali, terangnya kepada wartawan harian ini usai setelah kegiatan penanaman perdana cabai dan pembagian cultivator ke Gapoktan, Sabtu (26/5/2018).

Jadi, ada dua unit traktor roda empat, kemudian juga ada beberapa unit traktor roda dua yang masih berjalan, sambungnya.

Lanjut Adolf sapaan akrabnya mengatakan, hasil produksi pertanian Bumi Khenambay Umbay pada dasarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Jayapura. Sehingga ia yakin bantuan ini akan menunjang aktivitas dari kelompok tani.

Karena saat saya datang lihat itu mereka membutuhkan banyak alat untuk rica (cabai) ini, sehingga saya langsung sampaikan kepada mereka akan antar (membawa) cultivator yang merupakan bantuan dari pemerintah, serta ada satu hand sprayer dan juga ada beberapa bibit rica maupun sayuran. Jadi, alat-alat ini diserahkan langsung oleh bapak Bupati Jayapura, ucapnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat digunakan untuk mengolah lahan secara maksimal.

“Kami berharap bantuan cultivator, hand sprayer serta bibit ini dapat dimaksimalkan petani, karena alat ini mudah dioperasikan, efisien waktu, serta menekan biaya produksi,” harapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., MM., mengatakan, potensi pertanian hortikultura di Kabupaten Jayapura semakin baik dan perlu mendapatkan dukungan. Tampak Bupati Mathius Awoitauw saat memberikan bantuan. (Irfan/HPP)

Sementara itu, Bupati Jayapura,  Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., memberikan ucapan selamat kepada penerima bantuan dan berharap bantuan bisa digunakan secara maksimal. Agar program bantuan ini tepat sasaran, Mathius mengatakan akan terus meninjau apakah bantuan berhasil meningkatkan produktivitas petani atau tidak.

“Selama kepada penerima, dan saya berharap bantuan ini dapat digunakan secara maksimal. Saya ingin tau apa program ini tepat sasaran, sehingga ke depan saya akan terus meninjau apakah bantuan meningkatkan produktivitas atau tidak,” katanya.

Pemkab Jayapura berharap,  pengadaan alat ini dapat membantu terhadap efisiensi waktu kerja petani khususnya dalam lahan pertanian holtikultura. Pendampingan kelompok petani akan terus menjadi agenda pemerintah guna meningkatkan hasil produksi pertanian di masa depan. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here