Bupati Mathius  Awoitauw  Tanam  Perdana Cabai di Puay

0
291
Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, kegiatan (tanam cabai) ini merupakan satu gerakan baru, yang dilakukan oleh kepala kampung bersama dengan masyarakat petani. Tampak Suasana Penanaman. (Irfan/HPP)
Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, kegiatan (tanam cabai) ini merupakan satu gerakan baru, yang dilakukan oleh kepala kampung bersama dengan masyarakat petani. Tampak Suasana Penanaman. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., Sabtu (26/5/2018) pagi lalu, melakukan penanaman perdana cabai di lokasi kebun milik masyarakat petani yang merupakan gabungan kelompok tani (Gapoktan) Igauw, Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP., Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.P, M.M., dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb serta masyarakat kampung setempat.

Mathius Awoitauw mengatakan, kegiatan (tanam cabai) ini merupakan satu gerakan baru, yang dilakukan oleh kepala kampung bersama dengan masyarakat petani.

“Ini merupakan satu inisiatif yang luar biasa yakni, ada satu semangat dan juga ada satu kesungguhan untuk masyarakat disini. Nah, ini perlu kita memberikan apresiasi dan kita harus memberikan tanggapan yang positif baik secara khusus kepada masyarakat maupun kepala kampung. Karena kepala kampung di Puay ini jarang bicara banyak, namun orangnya bekerja dengan bagus,” ujar Bupati.

Melalui kegiatan ini, Mathius Awoitauw berharap kepada para petani agar jangan ada keraguan lagi untuk menanam cabai di lahan kebun petani di Kampung Puay.

Orang yang mau maju harus seperti itu, yakni kalau kita mau maju harus berjuang dari hal yang tidak biasa dan berjuang dengan cara yang luar biasa. Kalau kita hanya kerja biasa-biasa saja, jangan berharap untuk kita mau maju. Jadi, ini satu contoh yang bagus untuk bagaimana kita bisa bergerak maju, kata Mathius.

Bupati memberikan apresiasi kepada kepala kampung yang mempunyai inisiatif untuk mendorong masyarakat petani membuka lahan pertanian guna mengembangkan tanaman hortikultura.

“Saya harap apa yang sudah dimulai ini harus pegang itu. Ini lebih baik daripada beras maupun komiditi pertanian lainnya seperti sayur-sayuran atau buah-buahan, karena harga (cabai) ini mahal. Jadi, saya pikir kalian ambil keputusan yang tepat dan pasti memberikan hasil yang baik,”  kata Mathius.

 

Apresiasi serupa juga disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M.

Untuk mendukung penanaman perdana cabai di kebun milik masyarakat petani yang merupakan inisiatif dari Kepala Kampung Puay bersama masyarakat petani yang tergabung dalam Gapoktan Igauw ini, Adolf Yoku menyebutkan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mempunyai program terutama visi Bupati Jayapura di bidang ekonomi itu mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Menurut Adolf, selama lahan pertanian petani ada yang ditanami jenis palawija maka pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan membantu, namun yang akan dibantu adalah khusus tanaman pangan.

Adolf berharap, adanya kebun cabai ini, bisa menjadi sarana belajar dan juga bisa diaplikasikan oleh masyarakat setempat.

Di lokasi kebun milik masyarakat petani yang tergabung dalam Gapoktan Igauw ini terdapat lahan seluas 1 hektar yang akan diperuntukkan lokasi penanaman cabai. (Irfan  / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here