China, Burkina Faso Jalin Hubungan Diplomatik Setelah Taiwan Tersingkir

0
237

BEIJING (LINTAS  PAPUA)  –  China dan Burkina Faso secara resmi menjalin hubungan diplomatik pada Sabtu setelah negara Afrika barat tersebut memutuskan hubungan dengan Taiwan dalam kemenangan lain untuk Beijing karena terus menekan Taipei.

Kesepakatan itu ditandatangani diplomat penting pemerintah China, Penasihat Negara Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri Burkina Faso Alpha Barry di wisma tamu di Beijing di depan wartawan.

Taiwan sekarang hanya memiliki satu sekutu diplomatik tersisa di Afrika -Kerajaan Swaziland- dan hubungan resmi dengan hanya 18 negara di seluruh dunia, banyak dari mereka negara miskin di Amerika Tengah dan Pasifik, seperti, Belize dan Nauru.

Taiwan adalah masalah wilayah paling peka di China.

Taiwan menuduh China memikat teman-temannya dengan menawarkan paket bantuan yang berlimpah. China menyangkal hal tersebut, dan mengatakan Taiwan adalah bagian dari China tanpa hak untuk hubungan diplomatik resmi dengan negara lain.

Permusuhan China dengan Taiwan tumbuh sejak pemilihan Presiden Tsai Ingwen pada 2016, karena Beijing khawatir ia ingin mendorong kemerdekaan resmi pulau itu, yang dibantah Taiwan. Tsai mengatakan bahwa ia ingin mempertahankan keberadaan negaranya. (ant/Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here