TPID Bank Indonesia Gelar Rapat Jelang Idul Fitri

0
152
Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua , Joko Supratikto, saat diwawancara. (Fransisca)
Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua , Joko Supratikto, saat diwawancara. (Fransisca)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID)Bank Indonesia mengelar rapat koordinasi kesiapan menghadapi bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri, di Hotel Aston, Jumat (25/5/2018).

 

Dalam rapat ini menitiberatkan pada topik perkembangan inflasi Papua dan inflasi Mei 2018 serta kesiapan stock Ramadhan dan Idul Fitri 2018.

“Juga membicarakan upaya pengendalian inflasi Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri melalui pasar murah dan sidak pasar, yang mana kegiatan ini di hadiri sekitar 100 orang pelaku Usaha,BUMN terkait, maskapai dan  satgas pangan,” ujar  Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Papua ,Joko Supratikto,  kepada media di Jayapura.

 

Dikatakan, bahwa  kondisi kebutuhan bahan pokok kota Jayapura pada saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2018m yang akan menjadi agenda rapat.

 

“Masyarakat Jayapura tidak perlu khawatir, karena stock pangan tersedia, kebutuhan pokok mengalami kenaikan dengan harga wajar, untuk stock saat ini mencukupi, bila ada kekurangan kami akan datangkan dari Makassar. Pasar murah Ramadhan di gelar sebagai sterilisasi dari kenaikan harga pangan yang naik,” katanya.

 

 

Joko menjelaskan , adanya kondisi Inflasi   sekitar Papua dan deflasi yang terjadi di kota Jayapura April 2018.

 

Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID)Bank Indonesia mengelar rapat koordinasi kesiapan menghadapi bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri, di Hotel Aston, Jumat (25/5/2018). (Fransisca)

Realisasi inflasi bulanan Papua lebih rendah di bandingkan dua tahun terakhir mencapai 0,36%(mtm); Merauke mengalami inflasi 1,32%(mtm);sedangkan Inflasi kota Jayapura deflasi -0,05%(mtm) disebabkan tekanan harga ikan kembung,bawang merah dan kacang panjang, rokok putih, angkutan udara dan bensin.”uangkapnya.

 

Dikatakan, bahwa  upaya pengendalian inflasi, TPID Bank Indonesia bagi situasi perekonomian Papua.

 

“Pelaksanaan pasar murah, melibatkan petani dan pelaku usaha binaan dinas pertanian, perternakan, perdagangan,Bulog dan perbankan.Monitoring stok barang oleh dinas terkait,satgas pangan. Oprasi pasar di berbagai titik pasar di Papua,” tandasnya.  (Fransisca)