Presiden Jokowi Ingatkan Perubahan Industri Sangat Cepat

0
300
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan jajaran terkait kembali membahas tentang implementasi kebijakan satu peta. Rapat terbatas sore ini merupakan rapat ketiga yang khusus membahas soal kebijakan itu. (Foto Laily Raachev / Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA (LINTAS  PAPUA)  –   Presiden Joko Widodo mengingatkan perubahan industri dari waktu ke waktu semakin cepat yang memerlukan langkah antisipasi dari semua pihak.

“Revolusi industri 4.0 akan memberikan dampak perubahan kecepatan hampir 3.000 kali dibanding revolusi Industri pertama. Artinya betapa perubahan sangat cepatnya,” kata Presiden Jokowi dalam acara buka puasa dan ngobrol bareng Indonesia 4.0 di Kantor DPD Partai Golkar Cikini Jakarta, Rabu petang.

Jokowi menyebutkan Kementerian Perindustrian telah melakukan langkah langkah untuk mengantisipasi, menyiapkan, merencanakan, melaksanakan antisipasi terhadap revolusi industri 4.0. Pemerintah telah meluncurkan “Gerakan Making Indonesia 4.0”.

Presiden menyebutkan ketika dirinya pergi ke Silicon Valley di Amerika Serikat, banyak aekali perubahan yang telah terjadi.

“Terus ternag kita merasa kaget betapa dunia berubah cepatnya, inilah sebuah perkembangan teknologi yang begitu pesatnya,” ujarnya.

Menurut Presiden jika perubahan perubahan cepat itu tidak diantisipasi dan anak bangsa tidak dapat menangkap perubahan itu maka kondisi itu akan sangat berbahaya.

“Tapi saya lihat anak muda sekarang cepat menyesuaikan dengan perubahan perubahan itu, kita lihat sekarang ‘artificial inteligen’ banyak sekali penggunaannya, misal, perkembangan ‘e-money’ di Indonesia langsung ditangkap anak muda dan dijadikan sebuah bahan tesis yang menghadirkan sebuah kecepatan,” tuturnya.

Presiden kembali mengingatkan kepada semua tentang perubahan yang melanda semua negara. “Kadang kebijakan pemerintah terlambat. Bukan hanya negara kita, negara lain juga tergagap gagap menghadapi industri 4.0,” ucapnya.

Ia mengajak semua pihak bersatu menghadapi perubahan dan tidak bertengkar sendiri sendiri.

“Jangan sampai di dalam kita bertengkar sendiri, berkompetisi secara sehat itulah yang ingin saya kembangkan. Jangan bertengkar, energi akan habis. Orang lain sudah bicara artificial intelligence,” kata Jokowi.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Menperin Airlangga Hartarto, Mensos Idrus Marham, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko,Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Agus Gumiwang. (Antara / HPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here