Wabah Kolera Tewaskan 12 Orang di Nigeria Timur Laut

0
197
Ilustrasi Obat - obatan. bagian dari pelayanan kesehatan yang harus dikontrol untuk keperluan pasien. (Istimewa)
Ilustrasi Obat – obatan. bagian dari pelayanan kesehatan yang harus dikontrol untuk keperluan pasien.
(Istimewa)

ABUJA (LINTAS  PAPUA)  –   Wabah kolera telah menewaskan 12 orang dan kemungkinan telah menginfeksi setidaknya 134 orang lainnya di negara bagian Nigawa, Nigeria timur laut, menurut seorang pejabat medis pada Rabu.

“Sejauh ini 12 orang telah meninggal karena penyakit itu dan terdapat banyak kasus lagi,” kata Ezra Sakawa, direktur medis rumah sakit umum untuk Kota Mubi, tempat penyakit itu menyerang.

“Kami kekurangan tenaga untuk menghadapi wabah yang begitu besar,” kata Sakawa, sambil menambahkan bahwa para perawat sedang juga terinfeksi.

Nigeria timur laut adalah titik nol untuk perang sembilan tahun Nigeria melawan pemberontakan Islamis Boko Haram dan cabangnya, yang sekarang menjadi sekutu Afrika Barat ISIS.

Konflik telah melahirkan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dengan jutaan orang mengungsi dan membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup.

Kondisi itu memungkinkan bagi setiap wabah penyakit, seperti kolera, yang menjadi mematikan dalam skala luas, kata pekerja kemanusiaan.

Mubi, meskipun kurang terpengaruh oleh krisis kemanusiaan, telah diserang berulang kali oleh orang-orang yang dicurigai sebagai militan Boko Haram, yang menewaskan banyak orang.  (ant/ej/HPP))