Menpora Jelaskan Progress Persiapan Atlet Sea Games 2018 Berjalan Baik

0
528

JAKARTA (LINTAS  PAPUA) – Pentingnya persiapan atlet dan masalah keamanan Asian Games 2018 bulan Agustus nanti menjadi point penting yang disampaikan Menpora Imam Nahrawi pada pertemuan terbatas dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin oleh Anggota Wantimpres Agum Gumelar dan dihadiri Ketua Wantimpres Sri Adiningsih di Ruang Rapat Besar Lantai II Kantor Wantimpres, Jl Veteran III/2 Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018) pagi.

 

Pada pertemuan yang mengangkat tema strategis “Upaya Menyukseskan Asian Games ke-18 Tahun 2018” tersebut, Menpora menyampaikan empat sukses Asian Games yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi yang terus menjadi perhatian penuh Menpora, khususnya terhadap sukses prestasi yang menjadi tanggung jawab Kemenpora.

 

“Pertama, terimakasih kepada Pak Agum Gumelar, Wantimpres kita yang telah mengundang kita untuk menyampaikan perkembangan Asian Games baik dalam soal prestasi, kesiapan venue dan penyelenggaraan yang sekarang sudah betul-betul siap tinggal suport dan dukungan masyarakat Indonesia,” kata Menpora.

 

Berbagai hal penting yang disampaikan Menpora dalam pertemuan dengan Wantimpres ini adalah bagaimana Kemenpora menindaklanjuti amanat Perpres 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON), seperti berbagai regulasi untuk mendongkrak atlet disusunlah Permen Kriteria dan Standar Pengembangan Bakat Calon Atlet Berprestasi serta Pemberian Penghasilan dan Fasilitas Atlet dan Pelatih Berprestasi.

 

Selain itu ada pula Pedoman Seleksi Calon Atlet dan Pelatih Berprestasi, dan lain sebagainya. Untuk persiapan menuju Asian Games, progress prestasi atlet periode Januari – Maret 2018 juga mulai kelihatan, seperti Indonesia Masters cabor bulutangkis mendapat 2 emas. India Open, 2 emas, dan All England 1 emas. Cabor Paragliding Accuracy di World Cup Turki dapat 1 emas. Wushu di Moscow dapat 3 emas, dan sebagainya.

“Kabar baik terus datang ke kita, mereka para atlet yang sedang tryout memperoleh prestasi yang baik, namun kita masih perlu menunggu hingga Juni akhir untuk memastikan 10 besar dapat kita detailkan,” tambah Menpora.

 

Sementara Agum Gumelar menekankan tentang keamanan, mengingat akhir-akhir ini ada isu-isu dan kejadian kurang mengenakkan yang mengusik rasa aman di tengah masyarakat. Kemenpora dan INASGOC sudah mengambil langkah-langkah kordinatif dengan pihak keamanan negara untuk hal tersebut sehingga Asian Games yang dihadiri 45 tamu-tamu negara asing tercipta suasana damai, aman dan tenteram serta nyaman.

 

“Tadi saya tekankan betul tentang keamanan, INASGOC serta Kemenpora sudah berkoordinasi dengan aparat kemanan negara untuk menciptakan rasa aman, tenteram, dan nyaman bagi masyarakat dan tamu-tamu negara. Sudah dilaporkan juga bahwa sekarang sudah orientasinya action tidak planning lagi,” jelas Agum Gumelar.

 

Hadir dan turut melaporkan persiapan Asian Games, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua INASGOC Erick Thohir, Ketua Umum KONI Tono Suratman, dan mendampingi Menpora, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana. (Biro Humas dan Hukum Kemenpora RI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here