Kronologis Persipura Kasih Mampus Madura Stengah Lusin  6-0 di Mandala

0
185
Baoz Solossa, usai mencetak gol daln melakukan selebrasi bersama para pemain Persipura lainnya. (ISTIMEWA)
KEMENANGAN PERSIPURA ATAS MADURA UNITED DI MANDALA (Persipura Official Group Facebook)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Persipura Jayapura menghancurkan Madura  United dengan stengah lusin gol 6-0 tanpa balas dalam lanjutan Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak dalam pertandingan pekan ke-9  yang berlangsung di Stadion Mandala, Sabtu, (19/05/2018) kemarin malam.

Tim Persipura langsung bermain menekan sejak wasit Dwi Purba Adi Wicaksana asal Jawa Tengah meniup pluit tanda berjalannya pertandingan babak pertama. Boaz Solossa dan kawan-kawan langsung bermain menyerang.

Madura United di awal-awal babak pertama sebenarnya bermain cukup bagus dan beberapa kali merepotkan barisan pertahanan dari tim Persipura. Beberapa kali peluang didapatkan melalui kaki Zarahan Krangar dan Bayu Gatra.

Melihat timnya di tekan oleh tim tamu, Pelatih Peter Butler langsung menginstruksikan untuk menekan tim tamu alhasil. Boaz Solossa berhasil membuka keunggulan tuan rumah dimenit 8 setelah menerima sodoran bola dari Guanansar Mandowen, Boaz Solossa melepaskan tendangan melengkung yang sangat cantik masuk disisi kanan gawang Madura United yang dikawal kiper Hery Prasetyo.

Keunggulan 1-0 untuk Persipura membuat sesisi Stadion Mandala bergemuruh menyambut gol cantik sang kapten Boaz Solossa. Madura United yang ingin mengejar ketertinggalan mencoba bermain terbuka untuk bisa menyamakan kedudukan namun rapatnya barisan pertahanan Persipura yang dikawal Yohanes Tjoe, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae dan pemain muda Kevin Rumakiek berhasil meredam berbagai macam serangan dari Madura United.

Baoz Solossa, usai mencetak gol daln melakukan selebrasi bersama para pemain Persipura lainnya. (ISTIMEWA)

Memanfaatkan seranagn balik yang cukup cepat dimenit ke-30 bola hasil sepakan Marcel Sacramento yang memantul tiang gawang Madura United, ke arah Ian Louis Kabes yang berdiri bebas langsung melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya dan berhasil mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk Persipura.

Berselang waktu yang tak cukup lama tepat dimenit ke- 38, Boaz Solossa kembali mencatatkan namanya di papan skor, hasil kerjasama yang cukup akurat antara Marcel Sacramento dan Boaz Solossa menghasil gol ke tiga bagi tim mutiara hitam. Marcel yang menyentuh bola dengan kaki belakangnya kepada Boaz, langsung di sepak Boaz dan menutup keunggulan tim Persipura dibabak pertama dengan skor 3-0.

Masuk babak kedua Pelatih Madura United Milomir Seslija memasukan beberapa pemain, Engelberd Sani masuk/keluar  Alberto Antonio De Paula dan Onorionde Kughegbe masuk/keluar Munhar. Madura mencoba untuk mengejar ketertinggalan namun defisit gol Persipura terus bertambah.

Persipura terus menekan habis Madura United pertandingan babak kedua yang baru berjalan, Marcel Sacramento berhasil menambah keunggulan tuan rumah Persipura menjadi 4-0 hasil kemelut didepan gawang Madura United dimanfaatkan betul oleh Sacramento yang langsung melepaskan sepakan kerasnya tepat dimenit ke-58.

Peter Butler harus menyimpan beberapa pemainnya, Marcel Sacramento ditarik keluar dan digantika Ronaldo Wanma menit 70. Boaz Solossa juga ditarik keluar digantikan Tood Rivaldo Fere  menit 75 dan Ricardo Salampessy digantikan Imanuel Wanggai menit 79. Masuknya beberapa pemain muda Persipura ini berhasil menjawab kepercayaan pelatih.

 

Tood Fere berhasil mencetak gol setelah menerima umpan dari Hilton Moreira dan langsung melepaskan tendangan ke gawang dan merubah skor mennajdi 5-0 untuk keunggulan Persipura menit ke 77 dan Imanuel Wanggai berhasil menutup keunggulan stengah lusin 6-0 dimenit 85 akhir babak kedua. Dalam pertandingan itu  Wasit Dwi Purba harus mengeluarkan 3 kartu kuning kepada Muhamad Tahir menit 90 serta dua pemain Madura United Alfath Faathier menit 52 dan Imam Bagus Kurnia menit 66.

Pelatih Madura United,  Milomir Seslija mengaku, ini adalah hasil yang kurang baik bagi Madura 6-0 ini yang tidak diinginkan oleh Madura United. Persipura bermain lebih taktikal pertama mereka mempunyai tiga peluang dan itu semua menjadi gol. Madura juga unya tiga peluang tetapi sayangnya tidak bisa menjadi gol.

“Inilah sepakbola apapun hasilnya harus diterima, Madura akan berusaha jauh lebih baik dipertandingan selanjutnya,”ujar Seslija dalam konfresni persnya Sabtu, (19/05/2018) malam kemarin.

Suasana Pertandinhgan Persipura di Malam hari. Tampak papan skor dan antusias masyarakat Pecinta Persipura. (Eveerth Joumilena)

Seslija mengaku dibabak kedua memang masih ada lima peluang dan dari lima peluang Persipura tiganya menjadi gol. Madura juga punya peluang yang sama tetapi tidak bisa menjadi gol. Secara taktik mereka tidak terlalu banyak melakukan serangan kedepan sehingga tidak bisa melakukan shoting-shoting yang di harapkan.

“Madura akan berusaha menjadi lebih baik inilah sepakbola dan semuanya tidak berhenti disini saja, untuk pertandingan selanjuta kita akan berusha menjadi lebih baik. Untuk game ini Boaz Solossa bermain sangat baik dan ini sesuatu yang luar biasa bagi Persipura dan pendukungnya,” ungkapnya.

Sementara itu pemain Madura Slamet Nurcahyono mengatakan ini bukan suatu alasan puasa, tetapi ini sebuah pelajaran berharga buat kami semoga kedepannya tampil lebih baik lagi, “Selamat buat Persipura,” akunya.

Pelatih Persipura, Peter James Butler  mengatakan, kita memang agak sedikit masalah dengan kekecewaan saat menghadapi Persib Bandung minggu lalu, tetapi tim bangkit setelah kembali dari tour menghadapi Persib Bandung.

MAIN MALAM. PERSIPURA VS MADURA UNITED di Lapngan Mandala. Kemenangan Milik Mutiara Hitam Papua. (Eveerth Joumilena)

“ Saya tidak perlu motivasi pemain, banyak dari mereka pasti kecewa dipertandingan minggu lalu, tapi saya rasa semua pemain mau ikut peraturan dan itu sangat baik bagaimana kita kerja sesuai dengan kebangkitan tim ada bagus prestasi. Saya sangat senang semua pemain bisa dengar instruksi saya,”tutur Butler.

“Marcel saya tau di game ini dia agak sedikit lebih  emosi karena mereka coret dia, dia kerja keras musim ini. Saya senang dengan penampilannya dan bisa mencetak gol dan semua pemain ada Hilton serta semua pemain bermain dengan sangat profesional. “Pemain muda ada empat sampai lima pemain disana saya kira itu sangat baik untuk tim Persipura kedepannya,”ungkapnya.

Marcel Sacramento mengaku Ini adalah pertandingan yang fantastis dan ini sangat baik dan saya lihat semua pemain kita bermain dengan sangat baik, fokus ditiap menit pertandingan dan hasil ini memuaskan kita dan ini hasil yang sangat baik, karena kita bisa kembali diperingkat pertama diklasemen.

“Sebelumnya saya ada persoalan dengan mantan klub saya dan ini menjadi kekecewaan buat keluarga saya, karena persoalan yang cukup berat sebelum saya diambil ke Persipura dan dipertandingan ini akhirnya saya bisa membuktikan sesuatu. Bisa mengobati luka itu dan saya ingin dedikasikan ini untuk keluarga dan juga masayarakat Papua dan ini hasil yang sangat penting buat kita,” tandasnya. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)