Gubernur Soedarmo Minta PD Irian Bhakti Jangan Jadi Beban Pemprov

0
404
Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, saat melantik dan mengambil sumpah keempat Direksi baru PD. Irian Bhakti di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kemarin. (Erwin / HPP)
Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, saat melantik dan mengambil sumpah keempat Direksi baru PD. Irian Bhakti di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kemarin. (Erwin / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Perusahaan Daerah (PD) Irian Bhakti kini dinakhodai oleh jajaran direksi yang baru.  Keempat direksi ini dilantik oleh Penjabat Gubernur Papua Soedarmo, di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Jumat (18/5).

Usai melantik, Soedarmo minta kepada seluruh direksi agar bekerja keras meningkatkan keuntungan perusahaan daerah itu. “Jangan justru perusahaan daerah ini malah membebani pemda”.

“Sebab sebuah perusahaan harus menghasilkan profit (keuntungan) dan paling tidak bukan minus. Untuk itu, saya minta pejabat yang baru dilantik dan baru saja diambil sumpah, agar bisa lebih berkonsentrasi, kreatif dan berinovasi supaya perusahaan ini bisa berkembang,”pinta Soedarmo saat menyampaikan arahan.

Dari laporan yang diterima olehnya, sejarah PD. Irian Bhakti dahulu kinerjanya sangat baik. Namun saat ini sudah tak bisa diharapkan bahkan sampai pada titik mati tak mau, hidup pun segan. Oleh karenanya, menjadi tantangan besar bagi direksi yang baru dilantik, supaya benar-benar mampu membuat perubahan di perusahaan tersebut.

“Sebab kemarin pun PD. Irian Bhakti tidak bisa mengikuti lelang yang dilaksanakan Pemda, bahkan tidak lolos”.

“Padahal peluang itu satu-satunya yang bisa memberikan keuntungan kepada perusahaan daerah itu. Makanya pelantikan direksi baru dipercepat supaya bisa memaksimalkan peluang-peluang dimaksud,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, dia berharap PD Irin Bhakti tak bernasib seperti perusahaan daerah lain milik pemerintah provinsi yang mesti “gulung tikar”.

Pihaknya pun menyarankan para direksi untuk tak segan-segan mengganti staf dengan pihak yang mampu berkontribusi bagi kemajuan perusahaan.

“Supaya ada perubahan dan peningkatan kinerja sekaligus keuntungan buat perusahaan. Dilain pihak, memikirkan jenis usaha baru yang dapat membantu meningatkan keuntungan perusahaan,” imbaunya.

Sekedar diketahui keempat direksi yang dilantik, yakni Wellem Karinda sebagai Direktur Utama, Alex Meteray Direktur Umum dan SDM, Evelyn Yap Direktur Administrasi Keuangan dan Rianto Siregar Direktur Perniagaan. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here