Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo . (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Penjabat Gubernur Papua Soedarmo menyoroti pelaksanaan apel gabungan pada Senin pagi, yang hingga saat ini tak menyertakan agenda upacara bendera. Oleh karenanya, ia tegas menginstruksikan agar setiap Senin pagi, wajib menggelar upacara bendera.

“Apalagi Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu sudah menerbitkan surat edaran kepada seluruh pemerintah daerah diseluruh tanah air, untuk menggelar upacara bendera setiap Senin”.

“Karena itu, saya instruksikan wajib ada upacara bendera setiap Senin pagi mulai pekan depan,” terang Soedarmo di Jayapura,” kemarin.

Melalui upacara bendera ini, dia harapkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) dapat memaknai perjuangan para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga untuk mewujudkan kemerdekaan diatas negeri ini.

Sebelumnya, Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri minta seluruh aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah provinsi untuk wajib hadir dalam apel gabungan maupun upacara bendera setiap Senin.

Pihaknya pun mengimbau seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat mengkoordinir seluruh staf, agar bisa menghadiri setiap kegiatan apel gabungan dan upacara bendera.

Dia juga mengimbau seluruh Kepala OPD agar menerapkan penjatuhan hukuman disiplin kepada seluruh staf, sesuai prosedur yang diamanatkan oleh Peratutan Pemerintah nomor 53 2010 tentang disiplin PNS.

“Saya harap pimpinan di OPD sungguh-sungguh melaksanakan penjatuhan hukuman disiplin sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dalam peratutan perundang-undangan”.

“Karenanya, saya minta agar Kepala OPD baik di lingkungan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se-Papua untuk dapat menerapkan peraturan itu,” katanya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)