Kepala Badan Pendapatan Daerah Papua, Gerson Djitmau
(Erwin / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua menilai ada tren kenaikan pendapatan pada setiap samsat di kabupaten dan kota dalam empat bulan terakhir. Dengan begitu, dia optimis target pendapatan asli daerah (PAD) tahun ini, dapat tercapai.

 

Hal ini disampaikan Kepala Bapenda Provinsi Papua Gerson Jitmau di Jayapura, Rabu (16/5) petang.

Dikatakan, sampai dengan bulan ini realiasi PAD  sudah mencapai 30 persen. Pihaknya pun mendorong agar capaian PAD terus meningkat mencapai target yang ditetapkan.

 

“Tentu kita akan genjot PAD kita supaya tahun ini bisa tembus angka Rp1 triliun seperti tahun kemarin. Kalau bisa melebihi target yang sudah dicapai pada tahun sebelumnya,” terang dia.

Dijelaskan, ada beberapa penerimaan yang ikut mendukung PAD Papua, seperti pajak kendaraan bermotor, bahan bakar dan pajak rokok bagi hasil dari pemerintah pusat.

 

Seentara untuk tahun ini, pihaknya bakal fokus untuk mengelola aset-aset milik pemerintah, seperti GOR Cenderawasih, Stadion Mandala maupun aula milik organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

 

“Sebab dari pengelolaan aset pemda 2017 lalu, masih ada OPD yang tidak capai target. Untuk itu, kita harapkan tahun ini, 26 OPD tersebut bisa bekerja dan mengelola aset dengan baik, demi tercapainya PAD kita,” tuturnya.

 

Pada kesempatan itu, Gerson Jitmau mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah sesuai bidang tugasnya masing-masing.

 

Sebab Bapenda Papua telah menetapkan PAD 2018 untuk 26 OPD tingkat provinsi, senilai Rp 86 miliar. Dia berharap target ini dapat tercapai, sehingga dapat dipergunakan untuk menunjang tugas pelayanan pembangunan maupun kemasyarakatan diatas tanah ini.

 

“Intinya saya imbau semua teman-teman Kepala OPD harus serius mengelola sumber PAD pada masing-masing OPD-nya”.

 

“Sebab Gubernur sangat berkeinginan kuat supaya pendapatan daerah kita bisa tembus hingga angka Rp1 Triliun. Makanya, untuk bisa mewujudkan hal ini kita harap OPD kerja keras, disamping kita terus mengimbau agar seluruh wajib pajak yang ada bisa taat pajak pula,”terang dia.

Gerson menambahkan, untuk memaksimalkan PAD, pada tahun ini pihaknya akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), guna memastikan agar PAD agar selalu capai target di masa mendatang. (Erwin  / Koran Harian Pagi Papua)