Tunjuk Inspektur Sebagai Plt Dirut RSUD Jayapura,  Gubernur Pesan  Manajemen Keuangan Dibenahi

0
156
Rumah Sakit Umum Daerah DOK II Jayapura. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Penjabat Gubernur Papua,  Soedarmo menunjuk Inspektur Provinsi Papua,  Anggiat Situmorang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.

Penunjukan Anggiat Situmorang oleh orang nomor satu di Papua ini, bertujuan untuk membenahi sistem manajemen keuangan di rumah sakit “plat merah” tersebut. Sementara pelantikan Direktur RSUD Jayapura definitif, dipastikan baru akan dilakukan setelah melalui proses lelang jabatan oleh tim Badan Pertibangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam waktu dekat.

“Mungkin timbul pertanyaan tentang hal ini, maka saya perlu jelaskan bahwa penunjuk Inspektur Provinsi Papua hanya untuk sementara sambil nanti menunggu lelang jabatan (rampung). Yang pasti (tujuannya) supaya Inspektur bisa membenahi manajemen terutama terkait masalah keuangan di rumah sakit itu,” terang Soedarmo di Jayapura, Senin (14/5/2018).

Dia katakan, telah menerima banyak sekali masukan dan laporan dari berbagai pihak tentang sistem manajemen keuangan maupun pelayanan di rumah sakit tersebut. Untuk itu, diharapkan dari penunjukan tersebut agar sistem di RSUD Jayapura menjadi lebih baik.

“Saya minta RSUD bisa berubah, bisa lebih baik, bisa memberikan pelayanan terbaik, khsusnya pada masyarakat Papua. Sebab jangan nanti, pasien berobat di RSUD Jayapura justru nanti tambah sakit bukan sehat”.

“Untuk itu, saya minta Plt Dirut RSUD Jayapura yang baru dilantik agar mampu meningkatkan kinerja terkait dengan masalah pelayanan yang sudah ada,” imbaunya.

Plt Dirut RSUD Jayapura Anggiat Situmorang kepada wartawan menyatakan siap melaksanakan instruksi Gubernur, untuk membenahi tata kelola keuangan di rumah sakit tersebut.

Kendati begitu, untuk masalah teknis, yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, dirinya bakal melibatkan para tenaga kesehatan dan dokter.

“Yang pasti kita akan memperbaiki masalah keuangan di rumah sakit, supaya antara pelayanan sinkron dengan anggaran yang dikeluarkan”.

“Saya juga akan segera melakukan pertemuan dengan pejabat eselon III dan IV maupun para dokter di rumah sakit itu, sehingga berbagai masalah yang dikeluhkan akan diatasi secara bersama-sama,” pungkasnya.(Erwin / Koran Harian Pagi Papua)