Fredy Gebze, saat diwawancara. (Geis / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –   Fredy Gebze resmi menjadi Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI)  Provinsi Papua periode 2018-2022 setelah terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi   (Musprov) PRSI Papua di Hotel Yasmin Jayapura, Senin (14/05/2018) kemarin.

Fredy Gebze yang juga selaku Bupati Kabupaten Merauke, mengatakan Pengprov PRSI Papua sudah vakum selama dua tahun dan moment musprov ini menunjukkan adanya semangat dari teman-teman untuk memajukan olahraga renang  dan meningkatkan prestasi di Provinsi Papua.

Fredy mengatakan, program utama yang akan dilakukan adalah menyusun formasi pengurus PRSI untuk segera dikirim ke PRSI Pusat, agar segera dapat dilantik dalam waktu dekat.

Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat akan Roadshow ke kabupaten sehingga keberadaan PRSI semakin diketahui kalangan banyak, termasuk berkoordinasi dengan pihak KONI Provinsi dan  Kabupaten/Kota.

Suasana Atlet Papua sedang latihan di kolam renang. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

Fredy menambahkan, untuk menghadapi PON XX tahun 2020 di Provinsi, untuk cabang olahraga PRSI ada sebanyak 61 nomor yang diperlombakan. Dengan demikian, dari 61 medali emas tersebut peluang Papua untuk merebut medali cukup besar. Hanya saja, pihaknya tetap akan mengutamakan atlet-atlet asal Papua. “Kita utamakan atlet yang dibina, untuk kontrak atlet luar, itu nanti kita bicarakan dengan KONI Papua,” tuturnya.

Dengan tinggal dua tahun pelaksanaan PON, kata Fredy, ini menjadi tantangan berat bagi pengurus PRSI Papua menyiapkan atlet-atlet terbaik yang akan diturunkan ke diivent empat tahunan tersebut.

Untuk mewujudkan hal itu, PRSI Papua sudah membuat beberapa program. Di antaranya mengikutkan atlet di beberapa kejuaraan yang akan dilaksanakan kedepan. Dengan upaya ini, Ia berharap nantinya perenang Papua mencapai prestasi puncaknya di PON XX Papua. (Geis Muguri  /HPP))