Untuk Keempat Kali,  Pemkab Jayapura Terima Opini  WTP

0
109
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, ketika menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Papua, Adi Sudibyo. (Irfan / HPP)
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, ketika menerima penghargaan opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Papua, Adi Sudibyo. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017. Dengan hasil itu, Pemkab Jayapura telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut sejak tahun 2014.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua, Adi Sudibyo kepada Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada tujuh kabupaten/kota lainnya seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Asmat, Kabupaten Nabire, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Papua, Jalan Balaikota, Entrop, Jayapura, belum lama ini.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, merasa bersyukur atas pencapaian ini. Mathius mengaku bangga atas kinerja jajarannya yang telah berupaya keras agar memenuhi kualitas opini WTP.

Nampak Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro tengah memantau proses UN di Sekolah Dasar (SD) Kuipons, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura. (Irfan /HPP)

“Ya, kemarin Kabupaten Jayapura dapat WTP untuk keempat kali dari badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Empat kali berturut-turut terima WTP, itu berarti sudah stabil untuk pengaturan atau penanganan keuangan daerah,” ujar  Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan harian ini usai memimpin rapat dengan Tim Percepatan Pembangunan, yang membahas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (12/5/2018) siang lalu.

Puji Tuhan sejak tahun 2014 hingga 2018 ini, Kabupaten Jayapura terus meraih WTP. Mudah-mudahan hasil terbaik ini terus dipertahankan, sambungnya.

Mathius menyampaikan, bahwa dirinya sangat berharap di tahun 2019 mendatang, Pemkab Jayapura harus kembali memperoleh opini WTP. Supaya bisa lima kali dapat WTP, maka akan ada apresiasi dari BPK. Karena kalau lima kali berturut-turut, mungkin nanti akan ada apresiasi dalam bentuk dana tambahan ke pemerintah daerah sini, tuturnya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat berbincang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Alpius Toam, S.T., M.MT, Kepala SMKN 1 Penerbangan Budi Riyanto dan Plt Kepala SMKN 1 Sentani. (Irfan /HPP)

Meraih opini WTP, menurut Mathius, ini bukan usaha yang harus menjadi perhatian penuh dari semua pihak. Namun hal ini harus menjadi budaya atau suatu kebiasaan untuk mengelola keuangan.

“Dalam mengelola keuangan ini kan suatu kewajiban. Karena itu kita taruh orang baik di Inspektorat dan Keuangan, agar mereka bekerja dengan baik untuk mengelola keuangan. Kalau tidak becus dalam mengelola keuangan maka kita ganti, sehingga itu menjadi tugas dan kewajiban untuk mengelola keuangan secara baik,” katanya.

Mathius juga menuturkan, prestasi terbaik yang diperoleh saat ini dan tahun-tahun sebelumnya merupaakn kerja keras semua pihak, baik pejabat dan staf seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kabupaten Jayapura. Serta dukungan dan dorongan dari pimpinan dan juga anggota DPRD Kabupaten Jayapura, sehingga prestasi tersebut masih dapat dipertahankan.

Namun, Mathius menyadari, bahwa  tantangan ke depan tidaklah mudah, karena dari beberapa catatan BPK masih ada beberapa proses administrasi yang masih harus disempurnakan termasuk dalam penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akurasi.

Foto Bersama Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro bersama sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemkab Jayapura  dengan Pengurus FKUB Kabupaten Jayapura, usai pertemuan atau audiens di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Selasa (13/2/2018) siang. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

Jadi, perolehan WTP ini bukanlah berarti kita harus berpuas diri. Tapi, harus kita sadari bahwa penyempurnaan-penyempurnaan harus lah kita kedepankan, khususnya dalam penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terutama pengawasan dan kontrol berlapis disetiap jenjang kegiatan seluruh OPD, baik dalam pengelolaan aset daerah terutama sekali dalam pengelolaan keuangan daerah, kata Mathius.

Untuk itu, Mathius mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada jajaran BPK Perwakilan Provinsi Papua, yang telah melaksanakan tugasnya dengan tepat waktu. Sehingga, Pemerintah Kabupaten Jayapura memperoleh opini WTP dengan tingkat kewajaran di dalam LKPD.

Foto Bersama. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang hadir dan sekaligus membuka acara tersebut mengemukakan, pihaknya siap memberi dukungan dan juga siap membantu pelaksanaan survei disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) ini kepada seluruh Kepala Dinas/Instansi, para pimpinan perusahaan, pengurus LNPRT dan rumah tangga. (Irfan/HPP)

Selain itu, Mathius juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Jayapura, penjabat dan staf OPD, serta kepada pejabat dan staf BPKAD yang telah bekerja dengan baik dan bersungguh-sungguh sehingga predikat pengelolaan keuangan terbaik dengan ditandai opini WTP ini masih bisa dipertahankan. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)