Habel Melkias Suwae : Hak Politik Rakyat Tak Boleh di Beli Dengan Uang

0
432
Pasangan JWW - HMS saat berkampanye di Jayawijaya. (Roy Purba/ HPP)
Habel Melkias Suwae (Foto Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Calon Wakil Gubernur Papua, Habel Melkias Suwae menilai, menjelang pencoblosan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, diperkirakan akan terjadi money politik dan black campaign.

 

“Tak bisa di pungkiri, menjelang pencoblosan ini akan terjadi money politik atau yang saya sebut suanggi terbang,” ujar  Habel Melkias Suwae, ketika menyampaikan sambutan pada perayaan HUT “Truck Mania Community Papua” di halaman Bosowa, Kotaraja, Abepura, Sabtu (12/5/2019).

 

Habel mengungkapkan, hak politik rakyat tak boleh di beli dengan uang, apalagi hanya selembar dua lembar uang merah.

Suasana Deklarasi Merah Putih Persatuan di Deklarasi John Wempi Wetipo (JWW) dan Habel Melkias Suwae (HMS), selaku bakal calon Gubernur Papua dan bakal calon Wakil Gubernur Papua, yang berlangsung di stadion Pendidikan Kota Wamena, Senin (8/1/2018). (Fransisca / LintasPapua.com)

“Apabila hak politik kita jual dengan nilai Rp 100.000, dimana lagi harga diri kita. Uang itu tak setimpal dengan jangka waktu lima tahun. Bayangkan dengan uang Rp 100.000, maka nilai kita satu bulan hanya Rp 1.600. Kalau cerdas ambil saja uangnya, tapi jangan pilih orangnya, itu bagian dari konsekuensi mereka yang membagi-bagikan uang kepada rakyat,” tuturnya.

 

Bahkan Habel menegaskan, apabila ada tim suksesnya yang membagi-bagikan uang, maka jangan pilih John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae atau nomor urut dua.

 

“Kita harus memberikan pembelajarang politik yang baik kepada rakyat, dengan menyampaikan visi misi kita. Bukan malah melakukan cara-cara yang tak terhormat. Maka dari itu saya di lain-lain kesempatan, selalu menghimbau masyarakat agar tak menggandekan suaranya dengan uang,” pungkasnya.

Ketua PDI Perjuangan Papua, Edoardus Kaize, didampingi oleh ketua Partai Gerindra Papua, Ibu Yanni, saat menyerahkan berkas dukungan partai politik untuk pasangan calon JWW – HMS. (Fransisca /LintasPapua.com)

Habel menambahkan, agar seluruh tim pendukung dan simpatisan memberikan dukungan kepada JWW-HMS dengan cara-cara kebenaran dan kejujuran, agar hasil yang di campai tak mencedrai hati rakyat.

 

“Kita hadir untuk rakyat, bukan untuk melukai hati dan perasaan mereka. Jadi, mari kita menangkan pilkada ini dengan cara terhormat,” pesannya. (Fransisca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here