Indonesia Kijang Club Berdiri di Kota Jayapura

0
680
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, bersama pengurus IKC Jayapura chapter ke-45 di Hotel Grand Talent Jayapura. (Elsye Sanyi / HPP)
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, bersama pengurus IKC Jayapura chapter ke-45 di Hotel Grand Talent Jayapura. (Elsye Sanyi / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Setelah berdiri sejak 2015, Indonesia Kijang Club (IKC) Kota Jayapura akhirnya diresmikan oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM sebagai cabang IKV Jayapura Chapter ke-45, yang berlangsung meriah bertempat di Hotel Grand Talent Distrik Abepura Kota Jayapura, Sabtu (12/5).

Acara deklarasi dan peresmian IKC Jayapura chapter ke-54 itu ditandai dengan penabuhan tifa oleh Wakil Wali Kota Jayapura, kemudian dilanjutkan dengan pemakaian seragam IKC Jayapura secara simbolis, dan pemotongan kue, serta diakhiri dengan touring IKC Jayapura bersama para komunitas kijang yang hadir saat itu.

Adapun deklarasi tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Umum IKC Pusar Dede Abdul Latif, Koordinator Wilayah Indonesia Timur Hengky Christopel, perwakilan Polres Jayapura Kota Ibda Yunus, perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sentot, serta sejumlah komunitas kijang yang ada di Kota Jayapura antara lain, ERCI Club, JAC, JAXCOM, STATIC, TMF, Brotherhood, AXIC, TKCI Jayapura, dan MOC.

“Pemerintah Kota Jayapura menyambut baik kehadiran IKC cabang Jayapura chapter ke-45, untuk itu kami harapkan agar pengurus dan anggota IKC tertib aturan serta tertib administrasi,” ucap Rustan.

Menurutnya, segala bentuk kijang sejak tahun 70-an bisa bergabung disini, tapi harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan tertib aturan, seperti memakai plat nomor yang masih berlaku, disiplin membayar pajak, mobil dalam keadaan baik, serta memiliki lampu dan kaca spion, dan tidak boleh parkir sembarangan dimana dapat mengganggu pengendara lainnya.

Selain itu, Rustan menekankan pentingnya terbit administrasi bagi para anggota komunitas diantaranya harus berbadan hukum, dan memiliki identitas diri yang jelas seperti Kartu Tanda Penduduk, Surat Ijin Mengemudi, dan STNK.

“Semua komunitas IKC tidak boleh merokok dan mengkonsumsi alkohol saat mengendaraai karena dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” pesannya.

Sementara itu, Perwakilan Polres Jayapura Kota Ibda Yunus berharap agar anggota komunitas IKC Jayapura dapat melakukan hal positif sehingga dapat dilihat dan dicontoh oleh masyarakat, khususnya dalam mengemudikan kendaraan baik roda empat dan roda dua agar tidak balap-balapan dan saling mendahului.

“Patuhi rambu-rambu larangan, rambu petunjuk dan rambu perintah dengan baik. Berbuat lebih dahulu tanpa diketahui orang lain, barulah nanti hasilnya akan diketahui orang lain,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua panitia pelaksana, Nur Alam M. Noer menyampaikan bahwa deklarasi dan peresmian IKC Jayapura Cahpter ke-45 sudah sesuai berdasarkan Anggaran Dasar IKC Nasional Pasal 15 tentang Pembentukkan Cabang Baru IKC dan berdasarkan Anggaran Rumah Tangga IKC Nasional pasal 39 ayat 1-9 tentang tata cara pembentukkan cabang baru IKC. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here