Masyarakat Waropen Kukuhkan HMS Sebagia ISO, Habel Jenderal Perang

0
294
Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Dr.Habel Melkias Suwae, S.Sos.MM, saat di Nobatkan menjadi ISO oleh Masyarakat Waropen. (Tim Josua)
Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Dr.Habel Melkias Suwae, S.Sos.MM, saat di Nobatkan menjadi ISO oleh Masyarakat Waropen. (Tim Josua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Calon wakil gubernur Papua nomor urut 2, Dr.Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM secara resmi dinobatkan sebagai jenderal perang oleh masyarakat Waropen yang berdomisili di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Pengukuhan Habel Melkias Suwae sebagai jenderal perang atau Eso dalam bahasa Waropen ini berlangsung dalam kampanye tatap muka yang dilakukan di Kampkey, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (11/05/2018).

Yulius Adaki Kepala Suku Waropen yang berdomisili di Tanah Tabi mengatakan bahwa, gelar Eso ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan oleh pihakya kepada HMS agar dapat mengangkat derajat seluruh orang Papua menjadi lebih baik kedepan.

“Gelar ini tidak sembarang kita berikan kepada seseorang. Gelar ini juga merupakan suatu bentuk kepercayaan kami kepada Habel Melkias Suwae. Oleh sebab itu, atas nama suku Waropen, kami menyerahkan perlengkapan perang agar Habel Melkias Suwae dapat mengangkat derajat kami masyarakat Waropen menjadi lebih baik kedepannya” kata Adaki.

“Kami seluruh masyarakat tanah seribu bakau yang berdomisili di tanah Tabi siap menudukung dan memenangkan pasangan Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae sebagai gubernur – wakil gubernur Papua 2018 – 2023” tambahnya.

Hal senadapun diungkapkan oleh salah satu tetua adat suku Waropen yang berdomisili di Kota Jayapura, Amos Wutoi. Dikatakannya peralatan perang berupa Jubi dan panah yang diserahkah sebagai tanda Eso berfungsi agar pasangan Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (JOSUA) dapat merangkul semua pihak untuk bersatu membangun Papua lebih baik.

“Kita memberikan kepercayaan dalam bentuk panah dan jubi agar Pasangan JOSUA dapat membangun Papua khsususnya di bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan tanpa membedakan Suku, Ras dan Agama di Papua” ujar Amos.

Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Dr.Habel Melkias Suwae, S.Sos.MM, saat di Nobatkan menjadi ISO oleh Masyarakat Waropen. (Fransisca/LintasPapua.com)

Dikatakan Amos, pasangan JOSUA adalah dua tokoh yang berani mengambil resiko untuk membangun Papua khsusunya di Waropen. “agar waropen yang selama ini dijuluki seribu bakau bisa tumbuh menjadi tempat yang subur” tukasnya.

 

Oleh sebab itu dirinya menghimbau seluruh masyarakat Waropen untuk mencoblos nomor urut dua dalam pelaksanaan pemilihan gubernur Papua pada 27 Juni 2018 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Habel Melkias Suwae mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat adat Waropen yang berdomisili di Kota dan Kabupaten Jayapura  yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sehingga dinobatkan sebagai Eso.

“Saya sangat berterima kasih telah ditunjuk sebagai Eso atau jenderal perang. Waropen dengan saya pribadi punya ikatan emosional yang kuat karena kedua anak saya memilih seorang Waropen sebagai pendamping hidupnya, jadi sebagai Maro (Besan, dalam Bahasa Waropen) sudah sepatutnya saya menjaga kepercayaan ini untuk melihat masyarakat” kata HMS.

HMS juga menyampaikan,  bahwa saat ini masyarakat Papua tengah mencari siapa yang akan memimpin Papua. Berkaitan dengan itu dirinya menjelaskan bahwa sesungguhya pemimpin itu adalah orang yang dipercaya bukan karena dia hebat tetapi karena mampu membuat kebijakan dalam rangka percepatan pembangunan.

Calon Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Dr.Habel Melkias Suwae, S.Sos.MM, saat di Nobatkan menjadi ISO oleh Masyarakat Waropen. (Fransisca /LintasPapua.com)

“Oleh sebab itu saya mengembalikan kepada rakyat untuk memilih siapa yang paling tepat untuk membangun Papua lima tahun kedepan. Pemimpin adalah orang yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat. Sekarang apakah masyarakat masih mau percaya pada yang telah memimpin lima tahun lalu atau tidak. Karena berdasarkan data BPS tahun 2018 Provinsi Papua adalah daerah yang paling tertinggal dalam  segala hal dibanding dengan daerah lainnya” pungkas HMS. (Tim Josua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here