Pemkot Jayapura Dukung  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

0
351
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., membuka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Fransisca /Lintas Papua)
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., membuka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Fransisca /Lintas Papua)

 

JAYAPURA  (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM.,  membuka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) program pemerintah ini dilaksanakan atas kerjasama DPR RI dan Politeknik Kesehatan Jayapura, guna mengkampanyekan hidup sehat untuk menangkal penyakit kronis, Rabu (9/5/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Diklat Sosial Provinsi Papua di Kampkey Abepura, di hadiri sekitar 100 orang mahasiswa Kesehatan di Jayapura

Wakil Walikota Jayapura, Ir H Rustan Saru, MM, mengajak para mahasiswa untuk menerapkan Germas, terutama sosialisasi Gerakan masyarakat hidup sehat.

“Karena yang hadir hari ini calon staf pengajar kesehatan sehingga nanti dapat menyentuh masyarakat ke bawah, sehingga mohon  semua peserta memperhatikan dengan baik, agar bisa di terapkan di masyarakat nanti,” pesan Wakil Wali Kota, yang juga mantan Anggota DPR Papua ini.

Disampaikan, bahwa penyakit yang ada di Indonesia sekarang sudah berubah, penyakit jantung, stroke, diabetes, atau penyakit kronis, semua karena pola hidup, bukan lagi penyakit menular, biaya untuk penyakit ini besar biayanya.

 

“Sebab itu, Germas mengajak kita harus banyak makan sayur buah. harus banyak aktivitas, juga olahraga rutin, untuk menangkal penyakit tidak menular tadi,” tuturnya berpesan untuk menjaga kesehatan diri.

Anggota Komisi IX DPR RI, Robert Rouw mengungkapkan, bahwa Germas salah satu program pemerintah yang mengajak masyarakat terhindar dari penyakit kronis. (Fransisca/LintasPapua.com)

Sementara itu, Anggota Komisi IX  DPR RI,  Robert Rouw  mengungkapkan,  bahwa Germas salah satu program pemerintah yang mengajak masyarakat terhindar dari penyakit kronis.

“Kami datang dengan mitra kesehatan seluruh bidang, pelaksanaannya POLTEKES, president seluruh aparatur negara harus melakukan Germas, kenapa? Karena ada program pemerintah yang besar yaitu BPJS mengingat trend penyakit saat ini,” ucapnya.

Diakui,  pemerintah menanggulangi penyakit tidak menular atau penyakit kronis. Penyakit tidak menular ini bisa di tanggulangi dengan pola hidup yang sehat bagi masyarakat.

“Kami melaksanakan program ini di Kota Jayapura sekitar 3-4 kali, di banding kota lain. Kita biasakan kembali ke makanan alami seperti papeda, betatas, kasbi agar lebih sehat, perbanyak olahraga,” pungkasnya. (Fransisca)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here