Rustan Saru  Monitoring  UNBKP SD Berjalan Lancar

0
555
Wakil Wali Kota, Ir. Rustan Saru, MM., saat memantai secara langsung pelaksanaan UNBKP didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura di SDN. Inpres Kampung Baru. (Elsye Sanyi / HPP)
Wakil Wali Kota, Ir. Rustan Saru, MM., saat memantai secara langsung pelaksanaan UNBKP didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura di SDN. Inpres Kampung Baru. (Elsye Sanyi / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP) Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Jayapura Tahun 2018, berlangsung lancar dan bebas dari hambatan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., usai melakukan monitoring pada hari pertama pelaksanaan UNBKP tingkat SD, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Fachruddin Pasolo, di SD Negeri Inpres Kampung Baru Tanah Hitam, Senin (7/5) kemarin.

“Di hari pertama, hanya ada satu siswa di SDN Inpres Kampung Baru yang tidak mengikuti UNBKP. Hal itu menunjukkan bahwa peserta didik ditingkat SD sudah benar-benar menyadari pentingnya UNBKP, sehingga mereka dengan aktif mengikuti ujian secaa tertib dan tenang.

Disamping itu, Rustan berpesan kepada dewan guru agar dalam memantau hasil UNBKP di tingkat SD, harus benar-benar melihat hasil dari penilaian secara nasional dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., bersama anak – anak sekolah dasar dalam sebuah kegiatan di Kota Jayapura. (ISTIMEWA)

Kemudian dari tiga mata pelajaran yang diujiankan yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia, pihaknya ingin tahu sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran yang ada.

“Jika nilainya bagus berarti semua metode belajar sudah baik dan aman, tapi jika nilainya rendah maka perlu adanya penambahan metode belajar disekolah itu. Sehingga dari nilai tersebut kita dapat mengetahui apakah siswa memahami pelajaran atau belum. Hal itu diukur dari nilai yang didapatkannya,” jelas Rustan.

Itulah tugas evaluasi daripada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Kepala Sekolah dan Dewan Pengawas, agar hasil ujian UNBKP SD tahun  2018 bisa memperoleh nilai yang memuaskan.

Dalam tinjauannya, Rustan memberikan nasehat kepada para peserta didik untuk selalu rajin berdoa dan belajar sehingga apa yang dicita-citakan dapat diraih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo menyampaikan apresiasinya kepada semua panitia penyelenggara UNBKP yang telah siap dan kompak, sehingga dirinya berharap agar Kota Jayapura dapat mempertahankan nilai kelulusan seratus persen.

Ditambahkannya, jumlah peserta UNBKP tingkat SD se-Kota Jayapura tahun 2018 sebanyak 4.685 yang berasal dari 97 SD, yang mana saat pelaksanaan UNBKP SD, sekolah-sekolah bergabung dan berintegrasi dalam 17 titik atau gugus. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here