Perindagkop Asmat Hidupkan Koperasi ASN

0
283
Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Asmat, M. Afwan Seknun. (Erib/HPP)
Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Asmat, M. Afwan Seknun. (Erib/HPP)

ASMAT (LINTAS PAPUA) – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Asmat bertekad menghidupkan Koperasi Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah dibentuk di Asmat pada 2017 lalu.

Pembina Koperasi ASN yang juga Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Kabupaten Asmat,  Muhammad Afwan Seknun mengatakan, tahun ini pihaknya menyusun program pelatihan manajemen Koperasi ASN dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota.

“Di Asmat sudah dibentuk koperasi khusus untuk ASN. Untuk mendorong koperasi ini agar aktif, maka pemerintah membuat program untuk peningkatan mutu dan jumlah anggota koperasi tersebut,” kata Afwan, Senin (7/5/2018).

Afwan menyatakan, bahwa pemerintah daerah setempat mendukung Koperasi ASN agar dapat berfungsi dan melaksanakan kegiatan perkoperasian yang sehat. Eksistensi koperasi tersebut diharapkan bisa memberdayakan dan memantapkan ekonomi para anggota koperasi.

Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Asmat saat mendapatkan arahan dari Bupati Asmat, Elisa Kambu. (Eman)

“Program dimaksud agar koperasi ini aktif dan bisa berjalan. Oleh karena itu kami mengajak semua ASN di Asmat untuk bergabung dan bersama-sama mengaktifkan koperasi ini,” kata dia.

Menurut Afwan, Koperasi ASN Kabupaten Asmat sudah menjalankan fungsi-fungsi koperasi dan terdapat sistem perbankan di dalamnya. Pihaknya menargetkan koperasi tersebut dapat melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) pada 2019 mendatang.

Afwan menyebut, awal koperasi itu dibentuk hanya terdaftar 60 ASN yang menjadi anggota. Namun dalam tahun ini terjadi peningkatan sebanyak 447 anggota. Koperasi tersebut bisa ‘hidup’ jika menjalankan kegiatan perkoperasian yang sehat, seperti RAT, memiliki kepengurusan yang jelas dn member manfaat bagi anggota dan masyarakat.

“Syarat koperasi yang sehat adalah melaksanakan RAT, tumbuh dan berkembang. Sebab itu kami targetkan setiap tahun secara rutin melaksanakan RAT. Dalam rapat anggota tahunan ada laporan keuangan dan laporan aktivitas pengurus di situ,” pungkasnya. (Emanuel Riberu / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here