Kementerian Kominfo Buka Jaringan Internet Gratis di Asmat

0
875
Salah satu BTS di Distrik Atsy, Kabupaten Asmat. (Erib/HPP)
Salah satu BTS di Distrik Atsy, Kabupaten Asmat. (Erib/HPP)

ASMAT (LINTAS PAPUA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun ini bakal membuka jaringan internet di tujuh titik di Kabupaten Asmat. Layanan internet tersebut digratiskan untuk masyarakat agar bisa mengakses kebutuhannya.

Kepala Dinas Informasi Komunikasi Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Jamaluddin mengatakan, layanan internet gratis menyasar tempat-tempat umum yang strategis seperti puskesmas dan sekolah.

Ia menyebut, tujuh titik layanan internet gratis tahun ini bakal dipasang di Pasar Dolog Distrik Agats, Puskesmas Agats, SMP Yaleka Agats, SMP Negeri 2 Agats, SD Negeri Atsy di Distrik Atsy dan Puskesmas Atsy.

“Ada tujuh semuanya, lima dalam wilayah Kota Agats dan dua lainnya di Distrik Atsy.  Kalau ini sudah aktif, mudah-mudahan masyarakat sudah bisa mengakses internet,” kata Jamaluddin.

Adapun pada tahun 2017 lalu, katanya, Kementerian Kominfo menyediakan layanan internet gratis pada delapan titik, antara lain di Pelabuhan Agats, SMA Negeri 1 Agats, SMP Yapis, Kantor Orari, SMA Yansmit, SMP YPPK Agats, Lapangan Yos Sudarso dan Bandara Ewer.

“Semuanya disediakan di fasilitas umum. Yang dibuka tahun lalu sudah on air semuanya. Untuk internet gratis ini pusat kendalinya dari Kementerian Kominfo,” ujar Jamaluddin.

Ibu Negara, Iriana Jokowi, saat berjalan dan disambut meriah warga masyarakat Kabupaten Asmat. Pemerintahan Presiden Joko Widodo sangat serius membangun Asmat dan Papua umumnya. (Biro Pers Setpres)

Sementara penyediaan internet untuk segenap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Asmat, katanya, Dinas Infokom Asmat telah memasang jaringan internet pada 25 instansi pemerintah daerah yang ada.

“Untuk 25 OPD kita sudah pasang jaringan internetnya pada tahun 2017. Hanya saja kapasitasnya belum maksimal. Itu kecuali kabel fiber optic sudah terpasang, baru bisa maksimal. Kami juga memasang jaringan internet di sembilan sekolah pada tahun ini,” katanya.

Pemasangan jaringan internet di semua SKPD sesuai arahan atau program dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terutama guna mendukung pemerintah dalam menerapkan e-Government.

“Kehadiran jaringan internet tentu untuk mendukung pelayanan pemerintahan yang berbasis online,” imbuhnya. (Emanuel Riberu / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here