KAPP  Akan Rekrut  Semua  Pengusaha  Asli  Papua

0
751
KAPP Konsisten mendorong kebangkitan ekonomi orang asli Papua melalui Pergub 18. (Eveerth/Koran Harian Pagi Papua)
Deklarasi Pergub Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Papua, bersama seluruh asosiasi belum lama ini. KAPP berencana merekrut seluruh pengusaha asli Papua. (Erwin /HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) mengklaim telah memiliki sekitar 2.772 anggota. Anggota sebanyak itu, seluruhnya merupakan pengusaha asli Papua yang terdiri dari pengusaha kecil, menengah hingga besar.

 

Kendati telah memiliki anggota ribuan pengusaha asli, Ketua Umum KAPP Pusat, Merry Costavina Yoweni mengaku belum puas. Dia meyakini, masih banyak pengusaha asli Papua yang belum terdaftar di kabupaten/kota.

“Makanya nanti dengan adanya pembenahan data base oleh KAPP, diharapkan kami bisa kembali meningkatkan keanggotaan,” ujar  Merry.

 

Dikatakan, saat ini secara khusus KAPP  bakal membagi tim untuk turun ke daerah-daerah. Kunjungan itu, sekaligus mensosialisasikan Pergub yang sudah terbit sebagai petunjuk teknis Pergub No. 45 tahun 2017.

“Kita juga tak ketinggalan bakal melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten/kota di seluruh Papua bahkan Papua Barat. Sehingga diharapkan KAPP dapat lebih dikenal oleh pengusaha asli yang ada di seluruh tanah ini,” kata  Merry di Jayapura, kemarin.

KAPP Konsisten mendorong kebangkitan ekonomi orang asli Papua melalui Pergub 18. (Eveerth/Koran Harian Pagi Papua)

“Sehingga jika kami sudah bisa selesaikan perdasus itu, kami nantinya akan memberikan penjelasan lebih detail kira-kira berapa persen dari dana otsus yang nantinya dikelola oleh pengusaha asli Papua. Dengan demikian, kita harap sekitar dua tiga tahun kedepan, Pergub tersebut bisa dinikmati oleh sekian banyak orang Papua diatas negeri ini,” ucapnya.

Dia tambahkan, selama tahun 2018, pihaknya akan fokus membenahi data base miliknya, sehingga dapat lebih siap dalam mengembangkan perekonomian orang asli Papua (OAP).

Pembenahan ini dimulai dengan adanya kerja sama bersama tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah Inggris.

Ketua KAPP, Merry Costavina Yoweni. saat kegiatan deklarasi kebangkitan ekonomi Papua di halaman kantor Gubernur Papua.
(Erwin)

“Yang pasti, kerja sama ini akan menunjang kualitas sumber daya manusia KAPP di bidang ‘soft skill’ seperti manajemen dan sistem ‘data base’ serta lainnya,”terangnya.

Kerjasama ini juga, tambah dia, sudah dimulai dengan pembenahan sistem Teknologi Informasi (TI) dalam menyusun ‘data base” KAPP pada tingkat pusat hingga daerah.

Ketua KAPP, Merry Yoweni menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban penggunaan dana hibah kepada Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

“Sehingga kedepan diharapkan KAPP dapat memiliki ‘data base’ yang lebih jelas, spesifik, berkluster dan lain-lain sehingga bisa lebih tepat sasaran kepada pengusaha,”tutupnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here