Museum Noken Tidak Terawat dan Mangkrak

0
739
Anggota DPR Papua, John NR Gobai mengunjungi Museum Noken Papua di Expo Waena yang mangkrak, akhir pekan kemarin. (Rambat/HPP)
Anggota DPR Papua, John NR Gobai mengunjungi Museum Noken Papua di Expo Waena yang mangkrak, akhir pekan kemarin. (Rambat/HPP)

 

 

JAYAPURA  (LINTAS PAPUA) – Museum Noken Papua yang berada di area Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, tidak terurus alias mangkrak.

 

Anggota DPR Papua daerah Pengangkatan Meepago, John NR Gobai mendesak Pemerintah Pusat untuk menghibahkan Museum Noken Papua tersebut kepada Pemprov Papua agar bisa terawat dengan baik.

 

“Jadi, saat saya meninjau Museum Noken Papua ini, kesannya mangkrat. Tidak terawat dengan baik, “ kata John Gobai kepada HPP, akhir pekan kemarin.

 

Ia mengapresiasi salah seorang pemuda bernama Zakarias Kurni, yang telah menjaga dan merawat Museum Noken Papua itu.

 

Museum Noken Papua ini, diresmikan pada 10 April 2013. Bangunannya cukup megah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas oleh pemerintah pusat.

 

“Kami terima kasih kepada pusat yang telah menunjukkan perhargaan atas perjuangan Titus Pikey, sehingga meraih penghargaan dari UNESCO bahwa Noken sebagai Warisan Dunia. Kami terima kasih, “ katanya.

 

Hanya saja, pihaknya mengaku kecewa lantaran setelah melihat kondisi Museum Noken Papua yang tidak terawat dengan baik tersebut.

 

“Kami setelah melihat kondisi itu, kami minta pemerintah pusat, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan agar dapat menghibahkan tersebut kepada Pemprov Papua dalam dalam hal ini dinas kebudayaan agar dapat digunakan, “ katanya.

 

Selain itu, John Gobai meminta kepada Pemprov Papua agar dalam APBD Perubahan tahun 2018, sudah disiapkan dana untuk pengelolaan Museum Noken tersebut.

 

“Ini sangat ironis. Mama-mama kita jualan noken di pinggir jalan dibawah terik dan hujan, itu sesuatu yang mengganggu batin.  Jadi, gubernur sebagai salah satu dirjen di Kemendagri, saya harap berkoordinasi dengan kementerian terkait, dihibahkan dan diresmikan oleh Penjabat Gubernur,“ pungkasnya. (bat/ab/ Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here