Direktur PT. Perseman Manokwari, Yan Christian Warinussy. (Istimewa)

MANOKWARI (LINTAS PAPUA)  – Ketua Panpel Kompetisi Divisi Satu Perseman Tahun 2018, Yan Christian Warinussy mengatakan, bahwa hingga Sabtu (5/5) baru ada 18 klub dari 24 klub Divisi Satu Perseman Manokwari yang memastikan diri akan ikut bertanding dalam Kompetisi Divisi Satu Tahun 2018 yang rencana digelar minggu kedua Mei 2018 di Manokwari.

 

Ke-18 klub tersebut adalah PS.Lembah Hijau, PS.Amban Putra I, PS.Kamasan I, PS.Samber Putra, Rembors FC, PS.Cenderawasih Muda (Cenmud), Ps.Rumberpon, Black Steel, PS.Kamasan II, Bintang Timur FC, Pusam 2000, PS.Bintang Laut I, Tosror FC, PS.Amban Putra II, PS.Abresso I, Sliber FC, PS.Kamadiri dan Dorby FC,

 

“Masih sisa 6 klub lagi anggota Divisi Satu Perseman hasil kompetisi tahun 2013 yang belum mendaftar hingga saat ini, yaitu : PS.Asuaraya, Yowen FC, PS.Coisi, PS.Syoribo, PS.Mpur, dan Winner FC,” ujar Ketua Panpel Kompetisi Divisi Satu Perseman Tahun 2018, Yan Christian Warinussy, dalam sebuah release press yag diterima, Senin (7/5/2018)

Tim Kesebelasan Perseman Manokwari. (www.nabire.net)

 

Yan Christian Warinussy, yang juga Sekretaris Umum Klub Perseman Manokwari ini menjelaskan, bahwa pendaftaran akan ditutup pada hari Minggu, 6/5 jam 20:00 wit, dan bagi keenam klub yang tidak mendaftar dan tidak mengikuti kompetisi tahun 2018, akan terkena hukuman dari Perseman Manokwari berupa degradasi ke Divisi Dua Perseman dan dikenakan sanksi denda Rp. 1.000.000,- (Satu juta rupiah) disetor ke rekening PT.Perseman Manokwari di Bank Papua Cabang Manokwari.

 

“Menejemen Perseman hanya dapat menerima klub baru yang dapat bergabung (merger) dengan salah satu diantara keenam klub yang belum mendaftar hingga Sabtu, 5/5 tersebut untuk ikut bermain dalam Kompetisi Tahun ini,” katanya.

 

Logo Perseman Manokwari (bola.liputan6.com)

Hal ini sudah dilakukan oleh Klub Black Steel FC yang sudah bergabung dengan Klub Remaja Angrem (Remang) dan akan memakai nama Black Steel Remang FC.

 

Serta Klub Dorby FC yang bergabung dengan Mutiara Hitam FC dan akan memakai nama Dorby Mutiara Hitam FC pada kompetisi Divisi Satu Perseman Tahun 2018 ini.

 

Dari 18 klub yang sudah mendaftar tersebut 9 (sembilan) klub yang telah menyerahkan bio data menejemen klub, menejemen tim dan data pemainnya kepada Panitia Pelaksana (Panpel) Kompetisi yaitu PS.Lembah Hijau, Sliber FC, Black Steel Remang FC, PS Amban Putra I, PS.Amban Putra II, PS.Kamasan I, PS. Kamasan II, Rembors FC dan PS.Cenderawasih Muda.

 

“Sedangkan 9 (sembilan) klub lain belum menyerahkan syarat administrasi berupa bio data pengurus klub, menejemen tim dan pemain dengan dilampiri foto copy akte kelahiran, ijasah terakhir dan kartu keluarga pemain yang berusia di 23 tahun ke bawah,” ucap Yan Christian Warinussy, yang juga  Direktur PT.Perseman sebagai Pemilik Klub Perseman Manokwari ini.

 

 

Diakui, Menejemen Perseman dalam rapat terbatas pada hari Sabtu, 5/5 telah memutuskan akan mengundurkan waktu penyelenggaran kompetisi yang semula akan dimulai Jum’at, 11/5 selaman seminggu ke depan.

 

Penguduran ini dimaksud untuk memberi kesempatan klub-klub yang sudah pasti ikut dapat melengkapi data klubnya demi kepentingan penataan data base Klub Perseman Manokwari.

 

Seperti semula pertandingan sepakbola Kompetisi Divisi Satu Perseman Tahun 2018 akan digelar di 3 (tiga) lapangan yaitu Stadion Sanggeng-Manokwari, Lapangan Borarsi-Manokwari dan Lapangan Aro-M Bumi Marina-Amban-Manokwari.

 

Dan karena tujuannya hendak mencari bibit pemain muda berbakat bagi pembentukan tim sepakbola Perseman Manokwari ke Liga Nusantara Papua Barat, maka menejemen Perseman telah memperoleh persetujuan untuk menggunakan tenaga wasit berkategori C-1 dari Asosiasi PSSI Provinsi Papua sebanyak 6 (enam) orang wasit dan 3 (tiga) orang Pengawas Pertandingan. (*)