SENTANI (LINTAS PAPUA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melepas 18 pemain Persidafon Usia 15 tahun (U-15) mewakili Indonesia pada ajang Trofeo International World Cup 2018, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Secara resmi, keberangkatan 18 pemain Persidafon Indonesia U-15 ditambah 7 offisial dan pelatih itu dilepas langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, usai peringatan Hardiknas Tahun 2018, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (2/5/2018) pagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mathius mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada para pemain yang akan berangkat ke Kuala Lumpur-Malaysia, karena ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Provinsi Papua, khususnya Kabupaten Jayapura yang bisa mewakili Negara Republik Indonesia dalam ajang sepak bola internasional.

“Kita sudah melepas pemain sepak bola usia diatas 14 tahun pada hari ini (kemarin) dan memang setiap tahun tim Persidafon usia dini mulai dari usia 14 tahun keatas ini selalu mewakili Provinsi Papua. Jadi kalau sekarang ini kita ke Malaysia, berarti memang pembinaan-pembinaan sepak bola dari usia dini di SSB itu sudah rutin dilakukan oleh pelatih-pelatih dan juga senior-senior mereka secara baik,” jelasnya.

Untuk tim Persidafon di Jayapura, menurut Bupati Mathius, pihaknya tidak bicara ke level senior atau ke usia yang dewasa. Namun pihaknya fokus kepada pembinaan usia dini, karena kalau usia dewasa itu sudah masuk dalam dunia profesional.

“Apalagi untuk aturan sekarang ini, pemerintah tidak bisa membiayai profesional. Oleh karena itu, kita fokus pada usia dini dan hasilnya sungguh luar biasa, karena anak-anak ini selalu mewakili Provinsi Papua. Kalau tim (mereka) ini sekarang keluar negeri mewakili Indonesia, bagi saya itu bukan hal yang mendadak atau membuat kita kaget,” paparnya.

“Karena memang kita sudah memberikan fokus kepada sumberdaya manusia di bidang pendidikan dan juga sudah fokus untuk memberikan perhatian kepada anak-anak usia dini, yang sejalan dengan Jayapura menuju Jayapura Layak Anak atau Jayapura Ramah Anak. Jadi, inilah hasil-hasil dari kebijakan-kebijakan yang kita fokuskan kepada anak-anak,” tambah Bupati Mathius.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan harian ini, ke-18 pemain Persidafon U-15 yang diambil dari sejumlah Sekolah Sepak Bola (SSB) itu akan diberangkatkan pada esok (hari ini) menggunakan pesawat Sriwijaya Air, dibawah Ketua Rombongan dan sekaligus Manajer Tim Persidafon Indonesia, Greq V. Yoku. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)