Eddi Susanto Dilantik Jabat  Asisten II Pemkab Jayapura

0
402
Eddi Susanto resmi dilantik menjadi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Masyarakat Setda Kabupaten Jayapura, oleh Bupati Jayapura (Irfan/HPP)
Eddi Susanto resmi dilantik menjadi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Masyarakat Setda Kabupaten Jayapura, oleh Bupati Jayapura (Irfan/HPP)

 

SENTANI (LINTAS PAPUA)) – Eddi Susanto resmi dilantik menjadi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Masyarakat Setda Kabupaten Jayapura, pada Senin (30/4/2018) siang lalu di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Jabatan Asisten II ini lama lowong setelah pejabat sebelumnya Denny Simbar pindah ke kabupaten lain.

Proses pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, disaksikan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dan juga dihadiri Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si serta sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

Kita telah melaksanakan pergantian (pelantikan) Kepala Inspektorat dan juga mengisi kekosongan jabatan Asisten II yang sudah lama. Seharusnya acara ini terjadi beberapa waktu yang lalu, berhubung karena pak Eddi Susanto waktu itu sebagai Inspektur (Kepala Inspektorat) ada kegiatan-kegiatan lain, sehingga kita tunda sampai hari ini (kemarin), ucap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, dalam sambutannya usai acara pelantikan, Senin (30/4/2018) siang lalu.

Eddi Susanto resmi dilantik menjadi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Masyarakat Setda Kabupaten Jayapura, oleh Bupati Jayapura (Irfan/HPP)

Lanjut Bupati Mathius mengatakan, proses-proses perubahan (pengisian jabatan) itu dilakukan berdasarkan proses-proses yang sudah diatur di dalam KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) melalui tim seleksi dan juga konsultasi-konsultasi kepada pihak Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.

Memang dalam posisi jabatan-jabatan ini lebih banyak kepada penyegaran, dan bagaimana kekosongan-kekosongan ini bisa di isi. Nah, itu yang sementara kita lakukan, paparnya.

Menurut Bupati Mathius, posisi dari jabatan Asisten II itu adalah koordinator untuk bidang ekonomi, pembangunan dan keuangan.

Kita membutuhkan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Nah, selama ini beberapa waktu yang lalu ditinggalkan oleh pejabat Asisten II sebelumnya yakni Denny Simbar. Kita memang mengalami kesulitan-kesulitan untuk mengkoordinasikan itu dan ada banyak hal yang kita sedang benahi. Sehingga tugas-tugas ini secara tekhnis harus ditangani oleh orang-orang khusus guna membantu koordinasi dan kelancaran jalannya pemerintahan, paparnya.

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jayapura sedikit mengalami masalah, juga pengangguran terus bertambah. Oleh karena itu, tugas dari Asisten II diharapkan bisa melakukan kajian-kajian apa yang harus kita benahi, untuk OPD-OPD yang ada di bidang ekonomi dan juga keuangan. Ini harus kita evaluasi secara terus menerus untuk mengoptimalkan kerja-kerja kita guna melihat persoalan yang terus bertambah dari waktu ke waktu, sambungnya.

Hal itu sesungguhnya kita sedang melihat pemerintahan ini bisa pro aktif sesuai dengan permasalahan yang kita hadapi. Apalagi kita untuk mencari orang di Inspektorat juga tidak mudah dan ini persoalan yang kita hadapi. Karena secara tekhnis pengalaman dan penguasaan bidang tugas itu sangat penting, serta membantu efisiensi dan efektivitas. Untuk itu, saya mengimbau agar dapat membantu tuntutan tugas pemerintahan yang lebih efektif, imbuhnya.

Selain mengambil sumpah jabatan dan melantik, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, juga menyerahkan SK Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura kepada Rica Marleyn Sapulete, B.A. (Irfan/HPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here