Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an  Kab. Jayapura  Dilepas Menuju Nabire

0
511
Sedikitnya, sebanyak 45 orang terdiri dari kafilah, pelatih dan official yang ikut dalam rombongan MTQ Kabupaten Jayapura. (Irfan/HPP)
Sedikitnya, sebanyak 45 orang terdiri dari kafilah, pelatih dan official yang ikut dalam rombongan MTQ Kabupaten Jayapura. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) Rombongan kontingen atau kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Jayapura dilepas di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/4/2018) sore.

Rombongan kafilah itu akan mengikuti MTQ XXVII tingkat Provinsi Papua tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Nabire dimulai dari tanggal 2 Mei 2018 hingga 7 Mei 2018 mendatang.

Pelepasan dilakukan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, DR. Timotius J. Demetouw, S.E., M.Si.

Ia mengimbau, agar kontingen atau kafilah senantiasa menjaga nama baik daerah. Apalagi Kabupaten Jayapura keluar sebagai juara umum pada pelaksanaan MTQ XXVI tingkat Provinsi Papua pada 2016 lalu, dimana pada pelaksanaan itu Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah yang sekaligus mencanangkan Bumi Khenabay Umbay sebagai  Zona Integritas Kerukunan Umat Beragama (ZIKUB).

“Harumkan nama daerah dengan sikap yang layak diteladani dan juga dapat mempertahankan gelar juara umum,” tutur Timotius Demetouw.

Rombongan kontingen atau kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Jayapura dilepas di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/4/2018) sore. (Irfan/HPP)

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura melalui Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Jayapura, Hj. Ani Matdoan, S.Ag, M.M., berpesan, para kafilah harus meluruskan niat mengikuti MTQ dalam rangka syiar Islam.

“Segala sesuatu itu bergantung pada niat. Jika niat baik, maka Insha Allah hasil yang diperoleh juga baik,” ucapnya.

Lanjut perempuan yang juga menjabat Kepala Seksie (Kasie) Pendidikan Islam pada Kantor Wilayah Kemenag Kabupaten Jayapura itu mengatakan, pihaknya dalam mempersiapkan kontingen atau kafilah MTQ Kabupaten Jayapura yang akan mengikuti pelaksanaan MTQ XXVII tingkat Provinsi Papua itu telah melaksanakan training center (TC) selama satu minggu.

“Sehingga hari ini (kemarin) sudah diadakan acara pelepasan kontingen atau kafilah MTQ Kabupaten Jayapura, dan Alhamdulillah telah dilepas oleh pak Asisten III mewakili pak Bupati Jayapura,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan, melihat nuansa Kabupaten Jayapura yang begitu luar biasa dengan adanya pencanangan zona integritas kerukunan umat beragama itu, pihaknya mengupayakan, agar di setiap iven keagamaan itu selalu bernuansa kerukunan, kebersamaan dan terlihat kekompakan dari lima agama yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

“Maka pada saat acara pelepasan tadi (kemarin) juga dihadiri seluruh unsur agama baik itu Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha. Hal itu menandakan bahwa Provinsi Papua diakui sebagai urutan pertama dalam hal kerukunan umat beragama yang dicetuskan di Kabupaten Jayapura. Sehingga kita selaku umat beragama yang ada di daerah ini wajib menjaganya, maka dimanapun dan apapun yang kita lakukan harus mengedepankan nuansa kerukunan,” tegasnya.

Untuk itu, Ani berharap, para kafilah mampu memberikan yang terbaik untuk Bumi Khenambay Umbay. “Semoga bisa kembali meraih juara umum seperti di tahun 2016 lalu,” pungkasnya.

Sedikitnya, sebanyak 45 orang terdiri dari kafilah, pelatih dan official yang ikut dalam rombongan MTQ Kabupaten Jayapura. . (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here